HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX, Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah untuk segera menyiapkan langkah antisipasi penyakit cacar monyet atau monkeypox, yang saat ini telah ditetapkan sebagai public health emergency of intenational concern (PHEIC) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Menurutnya, Indonesia sebagai presidensi G20 harus menjadi garda terdepan dalam mengatasi berbagai permasalahan global, termasuk wabah cacar monyet tersebut.

“Jangan sampai kita ketinggalan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi penyakit tersebut. Indonesia sebagai Presidensi G20 harus menjadi yang terdepan dalam melawan potensi-potensi wabah global seperti cacar monyet,” ujar Netty dalam keterangannya, Selasa (26/7).

Politisi PKS itu mendorong pemerintah, atau yang dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk segera mengambil langkah preventif terkait wabah tersebut. Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Berikan edukasi kepada masyarakat tentang medium penularan, cara pencegahan, dan faktor yang bisa memicu terjangkitnya penyakit cacar monyet,” tururnya.

Netty menambahkan, bahwa langkah tersebut sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat masih minimnya sosialisasi mengenai penyakit tersebut.

Seperti diketahui, WHO telah mentapkan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Ketetapan itu diterbitkan lantaran virus cacar monyet telah menyebar ke lebih dari 71 negara di dunia.