HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bencana angin kencang melanda pemukiman warga yang ada di sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, kondisi tersebut disebabkan perubahan cuaca yang ekstrim menyebabkan hujan serta angin kencang sejak beberapa hari lalu.

“Peristiwa ini menyababkan satu desa di satu kecamatan terdampak, adapun lokasi kejadian berada di Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku,” kata Abdul Muhari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (26/9).

Abdul mengungkapkak, sebanyak 18 KK atau 71 warga terdampak, selain itu kerugian materil tercatat, sebanyak lima rumah rusak berat, dan 13 rumah rusak ringan.

Abdul mengungkapkan bahwa setelah hujan reda, Wlwarga bersama unsur terkait, melakukan pembersihan material puing-puing dan genting serta penebangan pohon-pohon tumbang yang menimpa rumah-rumah di sekitaran wilayah terdampak.

Untuk saat ini, Abdul memastikan BPBD Kabupaten Penajam Paser Utara langsung menuju lokasi kejadian untuk koordinasi dengan unsur terkait guna melakukan pendataan dan pencatatan dampak kerusakan secara menyeluruh.