HOLOPIS.COM, JAKARTA – Baru-baru ini sebuah video viral yang direkam oleh seorang pria meminta ambulans untuk menepi menjadi sorotan netizen. Pasalnya, permintaan tersebut disampaikan saat petugas ambulans tengah melakukan tindakan darurat terhadap pasien.

Diketahui, lokasi kejadian yang ada pada video yang diunggah ulang oleh akun Instagram @memomedos tersebut terjadi di kawasan Pusat Pendidikan Kesehatan Kodiklat TNI AD, yang berlokasi di Jalan Raya Keramat Jati, Jakarta Timur.

Adapun dalam video tersebut, terlihat seorang pria perekam video mulanya menegur petugas ambulans milik Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, yang saat itu tengah berhenti di tengah jalan.

terdengar dari nada suaranya berbicara, pria si perekam video geram lantaran tindakan sopir ambulans yang berhenti di tengah jalan membuat lalu lintas di sekitarnya macet. Ia pun meminta agar sopir menepikan kendaraan ambulans yang dikemudikannya ke bahu jalan yang kosong.

“Ini bikin macet, kan bisa minggir ke situ,” kata perekam sembari mengarahkan kamera ke bahu jalan kosong, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

Setelahnya, sempat terjadi perdebatan antara petugas ambulans dengan pria perekam video. Dalam video tersebut, terdengar petugas ambulans memberikan penjelasan, bahwa pihaknya tengah melakukan penanganan medis yang tidak memungkinkan untuk dilakukan sembari berjalan.

Meskipun ia mengakui bahwa tindakannya itu membuat lalu lintas tersendat, namun ia meminta waktu sebentar untuk melakukan penanganan medis terhadap pasiennya.

“Saya tahu (kalau macet) saya tangani (pasien) dulu sebentar, saya infus dulu baru saya jalan,” ujar nakes tersebut.

“Saya infus dulu, saya infus dulu, saya infus dulu baru saya jalan,” kata nakes tersebut kembali menegaskan.

Seolah tak menghiraukan penjelasan petugas, pria perekam video itu tetap ngotot agar ambulans tersebut untuk segera menepi, dengan maksud agar kemacetan tidak bertambah panjang karena terhambat oleh adanya ambulans yang berhenti.

Kemudian, sopir ambulans dari Dinkes DKI Jakarta yang diketahui merupakan ambulans berjenis advance itu mengalah dan menepikan kendaraan ambulans tersebut ke bahu jalan.

Melihat aksi tersebut, netizen di kolom komentar unggahan video itu pun menyesalkan aksi pria sang perekam video. Menurutnya, tindakan tersebut sama halnya sebagai tindakan yang mempermalukan diri sendiri.

“Yak teman2 sekalian, berikut adalah cara mempermalukan diri sendiri,” tulis akun @fatahjadek.

“Macet bentar jg jalan, itu darurat kalo enggak ya ga bakal begitu, saling ngerti ajalah. Sok kerad malu sendiri,” tulis @bags_laks.

“Lu yang bikin macet pak, jadi debat kan. Harusnya udh beres udh beres tuh infusnya gbk,” timpal @preloved9033.