HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jelang pengundian nomor urut Pilkada Jakarta 2024 yang akan diselenggarakan oleh KPUD DKI Jakarta pada hari Senin (23/9) besok, Ridwan Kamil santai. Ia mengaku tak memiliki bayangan nomor urut berapa dalam ajang kontestasi politik elektoral tersebut.

Bagi Bang Emil (panggilan akrab Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta -red), bahwa semua nomor sama saja, apakah nomor 1, 2 maupun nomor 3.

“Nomornya sama aja,” kata Bang Emil di Jakarta, Minggu (22/9) seperti dikutip Holopis.com.

Baginya, aspek kemenangan bukan di nomor urut. Hal ini ia pernah alami saat pilkada di Jawa Barat lalu, baik dalam kontestasi Pilwakot Bandung, maupun Pilgub Jabar tahun 2019. Di mana saat Pilwakot Bandung ia mendapatkan nomor urut 4. Sementara di Pilgub Jabar ia mendapatkan nomor urut 1. Faktanya baik nomor 4 maupun 1, sama-sama membuatnya menang.

“Tidak ada angka-angka spesial lah,” ujar Calon Gubernur Jakarta tersebut.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, dan Partisipasi masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, saat pengundian nomor urut tersebut pasangan cagub-cawagub Jakarta diwajibkan hadir ke kantor KPU DKI.

“Besok kami akan mengadakan pengundian nomor urut. Besok paslon (pasangan calon) hadir ke kantor kami untuk mengambil nomor urut,” kata Astri di Kantor KPU DKI Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Minggu (22/9).

Astri menjelaskan, penentuan nomor urut akan dilakukan dengan undian. Tiap paslon akan menggunakan nomor yang keluar selama masa kampanye.

Dia menambahkan, mekanisme pengundian sama seperti saat Pemilihan Presiden (Pilpres). Tiap paslon melakukan undian dua kali, untuk urutan pengambilan dan nomor urut Pilkada.

“Nanti sesuai dengan mekanisme SOP yang sudah dibuat oleh KPU RI, mereka akan melakukan pertama pengundian untuk nomor antrean terlebih dahulu. Setelah itu baru nanti mereka melakukan pengundian nomor urut,” jelas dia.