Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Pengamanan Pilkada 2024 Dilakukan di Masing-masing Polda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Erdi Chaniago menyampaikan bahwa pihaknya akan ikut serta mengawal keamanan Pilkada serentak 2024.

Ia mengatakan bahwa pengamanan Pilkada tersebut akan dilakukan oleh masing-masing Polda di masing-masing daerah.

“Pengamanan Pilkada ini semuanya dilaksanakan oleh daerah, oleh Polda setempat,” kata Erdi dalam di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/9) seperti dikutip Holopis.com.

Kemudian, ia pun memastikan bahwa pembentukan dan penanganan pengamanan Pilkada di semua Polda akan dijalankan sesuai dengan standar yang ada.

“Tentunya sudah ada SOP dalam proses-proses pengamanan, SOP dalam bentuk pengamanan yang kita ketahui bersama bahwa ke depannya kita ada beberapa tahap lagi,” ujarnya.

Lantas, polisi berpangkat melati tiga ini pun memastikan bahwa Korps Bhayangkara akan ambil bagian mengawal seluruh tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran hingga pelantikan.

“Di mana di situ kita ketahui ada penetapan paslon sebentar lagi, kemudian pelaksanaan kampanyenya, terus kemudian pemungutan suara dan terakhir mungkin penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” jelasnya.

Erdi mengungkap bahwa masing-masing daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Karena itu, cara serta strategi pengamanannya pun harus dilakukan sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing.

“Nah ini semua sudah dilaksanakan berdasarkan pengamanan terkait karakteristik daerah masing-masing, dari istilahnya perkiraan intelijen kita bisa melihat bagaimana kebutuhan pengamanannya itu sudah ada di polda masing-masing,” terang Erdi.

Diketahui operasi itu dilakukan secara terpusat dengan sandi Mantap Praja. Adapun kepala operasinya, kata Erdi, yakni Kapolda masing-masing daerah.

“Untuk Kaops dari (pengamanan) Pilkada itu bapak Kapolda masing-masing daerah,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Marak Kotak Kosong di Pilkada 2024, Jokowi : Itu Proses Demokrasi!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi maraknya fenomena kosong dalam gelaran Pilkada Serentak 2024.

Gus Yaqut Wanti-Wanti Jangan Lagi Agama Jadi Alat Kampanye Pilkada

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan...

Daftar Cagub dan Cawagub di Pilkada 2024

Pendafataran kepala daerah dalam Pilkada 2024, telah resmi ditutup sejak Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB. Pasangan calon khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur, paling menarik perhatian.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru