Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Anak Abah Ajak Coblos 3 Paslon, Habib Syakur : Harus Dipenjara Itu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menyayangkan adanya gerakan coblos tiga paslon di Pilkada Jakarta nanti oleh kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri sebagai “Anak Abah”.

Anak Abah adalah sebuah istilah pecinta dan pendukung pribadi Anies Rasyid Baswedan. Istilah ini muncul saat Anies maju di Pilpres 2024 bersama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Menurut Habib Syakur, seruan untuk melakukan aksi coblos 3 paslon ini masuk dalam kategori ajakan untuk golput alias golongan putih. Seruan untuk mengajak golput ini adalah contoh perbuatan yang tidak bertanggung jawab.

“Jangan ada yang ngajak-ngajak golput, apalagi coblos tiga paslon. Ini sama saja merusak penyelenggaraan pemilu kita, dan secara langsung mencederai demokrasi kita juga,” kata Habib Syakur dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (13/9).

Apalagi jika ajakan untuk mencoblos tiga paslon tersebut bermuatan politik transaksional. Artinya ada harga nominal yang dikeluarkan oleh pihak tertentu untuk mengampanyekan gerakan gloput ini.

“Ya kalau ada unsur pidananya, sebaiknya Bawaslu bersama Gakkumdu lainnya bergerak lah, tangkap dan penjarakan dia. Jangan berikan ruang sedikit pun bagi perusak demokrasi kita,” tuturnya.

Persoalan ajakan golput ini tertuang di dalam Pasal 515 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Bahkan ajakan golput tersebut akan diancam pidana dan denda cukup besar.

Bunyi Pasal 515 UU Pemilu ;
Setiap orang yang dengan sengaja pada saat pemungutan suara menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada pemilih supaya tidak menggunakan hak pilihnya atau memilih peserta pemilu tertentu atau menggunakan hak pilihnya dengan cara tertentu sehingga surat suaranya tidak sah, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda paling banyak 36 juta.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa terdapat gerakan coblos tiga paslon di Pilkada Jakarta yang dilakukan oleh sejumlah kalangan yang mengatasnamakan diri sebagai “Anak Abah” di media sosial. Menurut mereka, mencoblos tiga paslon tersebut adalah bagian dari demokrasi karena rasa kecewa Anies Baswedan tidak ikut dalam Pilkada Jakarta.

Kabar ini pun diafirmasi oleh Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Pramono-Rano, Beno Muhammad Ibnu. Ia mengatakan bahwa memang ada gerakan itu dari para pendukung Anies Baswedan.

“Timbul gerakan ‘Anak Abah’ yang saat ini, menggelorakan gerakan tusuk tiga Paslon,” kata Beno di acara Relawan Rano Karno, Warung Garasi Si Doel, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (6/9).

Oleh sebab itu, ia mendorong agar para relawan Pramono Anung – Rano Karno merangkul para pecinta Anies masuk ke dalam tim relawan mereka, sehingga periuk suara Anies Baswedan bisa dikapitalisasi untuk pemenangan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung PDIP itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pramono Anung Klaim Dapat Dukungan Tokoh Agama

Pramono Anung sesumbar bakal meraih kemenangan telak di Pilkada Jakarta 2024 dengan modal dukungan dari para tokoh agama.

KPU Jakarta Rilis Visi Misi Tiga Paslon Gubernur Jakarta, Mana Pilihan Kalian?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah...

Bang Emil Siap Kerja Keras Siang Malam Demi Jakarta

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Bang Emil mengungkapkan bahwa dirinya sudah mempunyai strategi untuk pemenangan di Pilkada Jakarta 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru