Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Mahfud MD Harap Prabowo Punya Political Will Berantas Korupsi Tak Seperti Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Menko Polhukam Mahfud MD menilai salah satu kekurangan Jokowi (Joko Widodo) selama menjadi Presiden adalah kurangnya kemampuan untuk berkomitmen dalam pengambilan keputusan dalam konteks pelaksanaan kebijakan.

Salah satu yang cukup disorot Mahfud MD adalah political will Presiden Jokowi dalam penegakan hukum.

“Penegakan hukum itu sebenarnya tergantung pada political will seorang Presiden. Saya nggak melihat Pak Jokowi punya political will selama ini, karena laporan-laporan sudah sering masuk,” kata Mahfud MD dalam podcast Terus Terang di channel Youtube Mahfud MD Official seperti dikutip Holopis.com, Rabu (11/9).

Bahkan ia pernah mengalami situasi di mana political will Jokowi sama sekali tidak berjalan. Di mana ia melaporkan suatu perkara hukum, memang direspons positif namun hanya sebatas lips service. Sebab, tindaklanjut dari laporan yang ia sampaikan langsung sebagai Menko Polhukam kepada Presiden tidak berjalan.

“Bahkan saya pernah laporan sendiri tentang beberapa kasus bersama Pak Luhut pula saya lapor, iya, iya nanti dianu, ndak jalan juga,” ujarnya.

Bahkan dalam statemennya, kasus semacam itu tidak hanya sekali, bahkan beberapa kali. Dan ini yang menjadi catatan penting bagi Mahfud MD agar pemerintahan selanjutnya tidak seperti Jokowi.

“Oleh sebab itu, kita berharap Pak Prabowo ini punya political will untuk ini,” tegasnya.

Sebagai pakar hukum tata negara, Mahfud MD setuju bahwa setiap tindak tanduk dan langkah pemerintah dalam mengambil kebijakan agar tidak perlu memicu kegaduhan yang tidak perlu. Namun demikian, jangan sampai hal itu menjadi dalil untuk pemerintah tidak memiliki political will yang ia maksud.

“Oke kita tahu negara tidak boleh hancur, tidak boleh terlalu gaduh. Ada yang diseleksi dulu, agar ke depannya itu orang tidak seenaknya, menjadi pemerintah, menjadi menteri, ini diseleksi aja gitu, tanpa juga mengganggu modal politiknya Pak Pak Prabowo,” tuturnya.

Kemampuan dan integritas Prabowo Subianto ini menurut Mahfud MD harus didorong agar kepemimpinannya nanti hukum bisa berjalan dengan baik. Apalagi Prabowo Subianto memiliki komitmen yang sangat besar dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

“Dia sebagai Presiden bisa mengarahkannya, ini political saya, sikat itu. Apalagi dia bilang mau menyediakan dana besar-besaran kan untuk pemberantasan korupsi, itu kan,” tandasnya.

Sebagai orang yang konsisten di bidang hukum, Mahfud MD mendukung semangat Prabowo tersebut, asalkan komitmen itu benar-benar direalisasikan dalam bentuk kebijakan dalam kepemimpinan nasional nanti.

“Koruptor yang lari ke lubang semut pun saya kerjakan, kan begitu. Ya ndak usah ke lubang semut, ada semua rumahnya, bisa dicari gitu, yang terjadi sekarang-sekarang ini,” tukas Mahfud MD.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Datangi KPK soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi, Kaesang : Saya Bukan Penyelenggara Negara!

Ketua umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep pamer dirinya berani untuk mendatangi KPK.

KPK Kebut Analisa Laporan Gratifikasi Private Jet Kaesang Pangarep  

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempunyai waktu...

KPK Kritik Proses Wawancara Capim Digelar Tertutup

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti proses...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru