Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Xanana Gusmao Optimis Prabowo Subianto Bakal Jadi Presiden yang Luar Biasa

HOLOPIS.COM, BALI – Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao meyakini sosok Prabowo Subianto memiliki kemampuan yang sangat mumpuni untuk memimpin Indonesia.

Hal itu disampaikan Xanana Gusmao saat memberikan sambutan acara High Level Plenary Session di Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLF MSP) 2024.

Gusmao mengatakan Prabowo akan menjadi sosok presiden yang luar biasa meski dahulu dirinya mempunyai latar belakang perselisihan. Ia juga mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo pada Pemilu 2024 yang menunjukkan kepercayaan rakyat pada kepemimpinannya.

“Kemenangan yang luar biasa menunjukkan kepercayaan yang dimiliki rakyat Indonesia dalam kepemimpinannya dan visinya untuk Indonesia,” kata Gusmao dalam pernyataannya pada Senin (2/9) seperti dikutip Holopis.com.

“Saya yakin dia akan menjadi presiden yang luar biasa,” imbuhnya.

Gusmao juga memuji pemilu yang berlangsung di Tanah Air. Menurutnya, Indonesia telah berhasil menggelar pemilihan pemimpin negara lima tahunan dengan lancar.

“Penyelenggaraan pemilu tersebut memperkokoh posisi Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terhebat di dunia,” ujar Gusmao.

Gusmao dan Prabowo memiliki sejarah panjang. Kedua tokoh ini pernah bertentangan dalam konflik Timor Timur pada tahun 1990-an. Prabowo yang kala itu masih aktif di militer, pernah membekuk Gusmao.

Namun, kini keduanya harmonis. Gusmao bahkan tidak hanya sekali menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Prabowo untuk menerima mandat memimpin negara dari rakyat.

Pada awal April 2024 lalu, Gusmao menuturkan sukacita tersebut lewat selembar surat kepada Prabowo. Selain menyebut sosok yang luar biasa, Gusmao juga meyakini Prabowo bakal menjadi pemimpin regional dan global yang signifikan.

“Atas nama Pemerintah dan rakyat Timor Leste, dengan senang hati saya menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Bapak Prabowo sebagai Presiden Indonesia,” ungkap Gusmao kala itu.

Lewat ungkapan tersebut, Gusmao mengakui di tengah gejolak hubungan antarbangsa, Indonesia memiliki peran sentral dalam memajukan kerja sama, toleransi, dan perdamaian.

Selain itu, Gusmao juga menilai Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo akan menjadi kekuatan ekonomi yang mendorong pertumbuhan dan kemakmuran kawasan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Terungkap, Tersangka Penembakan Donald Trump Ternyata

Donald Trump kembali menjadi target percobaan pembunuhan dengan cara ditembak.

China Dilanda Topan Terbesar Sejak 75 Tahun Silam

Topan Bebinca yang sebelumnya udah diperkirakan akan menghampiri akhirnya tiba di Shanghai China dan membuat puluhan juta orang di pantai timur China yang padat penduduk berdiam diri di rumah.

China Siap-siap Hadapi Topan, Seberapa Berbahaya?

China saat ini sedang bersiap-siap menghadapi hujan lebat pada hari Minggu (15/9). Topan kuat saat ini diperkirakan sedang mendekati pesisir timur China yang berpenduduk padat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru