Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Wujudkan Merdeka Digital Harus Holistik dan Kolaboratif

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu agenda penting yang dilakukan oleh Sidik Cyber saat ini adalah bagaimana mewujudkan Merdeka Digital sebagai implementasi untuk mewujudkan masa depan digital yang lebih baik di Indonesia.

Hal ini seperti yang disampaikan CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia. Ia melihat bahwa di era kemajuan teknologi informasi seperti saat ini, transformasi digital memang sangat sebagai peluang besar bagi Indonesia untuk memperkuat posisinya di kancah global. Namun, yang patut dipahami bahwa semua itu memerlukan pendekatan yang lebih dari sekadar adopsi teknologi terbaru. Yakni pendekatan secara holistik dan kolaboratif semua stakeholders yang ada.

“Diperlukan strategi yang holistik dan kolaboratif untuk memastikan bahwa seluruh ekosistem digital dari individu hingga organisasi besar dapat berkembang dengan aman dan berkelanjutan,” kata Yonathan kepada Holopis.com, Senin (2/9).

Yonathan mengatakan bahwa dirinya percaya jika keamanan siber tidak bisa hanya dilihat dari satu sisi. Itulah mengapa prinsip holistik dan kolaboratif menjadi landasan penting dari setiap langkah yang sedang ia ambil.

“Pendekatan holistik memastikan bahwa setiap aspek keamanan dari perlindungan data hingga mitigasi risiko tercakup dalam solusi yang kami tawarkan. Sementara itu, prinsip kolaboratif menekankan pentingnya kerja sama, baik dengan para pelanggan, mitra bisnis, maupun regulator, untuk membangun ekosistem digital yang tangguh,” ujarnya.

Langkah konkret untuk mewujudkan ekosistem keamanan data yang holistik dan kolaboratif ini ia lakukan dengan melahirkan 2 (dua) program. Yakni academy dan media. Dua program ini diharapkan bisa menyentuh langsung brainware dam pengguna sistem teknologi agar lebih peka terhadap keamanan data mereka sendiri.

“Kami sedang mengembangkan dua inisiatif utama yakni Sidikcyber Media dan Sidikcyber Academy,” jelasnya.

Dipaparkan Yonathan, Sidikcyber Media adalah platform yang dibangun untuk menyebarkan informasi dan wawasan mendalam tentang keamanan siber dan teknologi terbaru.

“Melalui media ini, kami berupaya meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya perlindungan digital yang menyeluruh,” terang Yonathan.

Di sisi lain, Sidikcyber Academy adalah inisiatif yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan kapasitas digital. Melalui program-program pelatihan yang dirancang dengan prinsip kolaboratif, pihaknya akan bekerja sama dengan para ahli dan praktisi untuk menciptakan kurikulum yang relevan dan bermanfaat.

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa SDM di Indonesia siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital,” sambungnya.

Masa Depan Digital Indonesia Aman dan Berkelanjutan

Sebagai perusahaan digital yang menyediakan sistem keamanan data dan siber, Sidik Cyber juga fokus pada visi besar untuk masa depan digital Indonesia yang aman dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, visi besar untuk mewujudkan masa depan digital di Indonesia yang lebih baik ini, diperlukan kerja sama yang baik dari semua pihak.

“Kami yakin bahwa dengan pendekatan yang holistik dan kolaboratif, kita dapat bersama-sama menciptakan ekosistem digital yang kuat, aman, dan inovatif,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada Kerentanan Siber, Tips Bebas dari Ancaman Spyware dan Ransomware

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di era digital yang serba cepat...

4 Cara Rawat Baterai Hp Agar Awet

Baterai smartphone adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi pengalaman pengguna.

CFX Sorot Sistem Keamanan Indodax Usai Kena Retas

Bursa Kripto resmi Indonesia atau Commodity Future Exchange (CFX) menyoroti kasus dugaan peretasan sistem transaksi aset Kripto di salah satu pedagang aset kripto lokal, Indodax.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru