Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

PAM Jaya Tambah Pasokan Air Bersih ke Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perumda PAM Jaya tambah pasokan air bersih dari Waduj Jatiluhur sebesar 208 liter per detik ke Jakarta mulai 20 Oktober 2024. Langkah ini merupakan bagian dari upaya PAM Jaya untuk mencapai target 100 persen pelayanan air bersih bagi masyarakat Daerah Khusus Jakarta.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya telah melakukan perluasan layanan dengan tambahan 29.326 sambungan rumah periode 2023 sampai Juli 2024. Ia menargetkan, 69.000 sambungan rumah hingga akhir tahun ini.

“Meskipun kondisi air tetap sama setelah PAM Jaya mengambil alih operasional dari dua mitra swasta, kami memaksimalkan proses produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA), sehingga berhasil mencapai jumlah sambungan baru tersebut,” ungkap Arief, seperti dikutip Holopis, Senin (2/9).

Ia menyampaikan, pembangunan reservoir komunal sebanyak tujuh unit dengan total kapasitas 2.3 juta liter juga telah dirampungkan oleh PAM Jaya dalam rangka pemerataan distribusi air.

“Jumlah ini akan bertambah menjadi 13 reservoir komunal hingga akhir tahun,” ucap Arief.

Salah satu BUMD Daerah Khusus Jakarta tersebut tengah berupaya untuk melayani hingga 100 persen pada tahun 2030. Arief mengaku tantangan yang dihadapi tidak mudah, mengingat kondisi Jakarta yang sudah sangat padat, sehingga menyebabkan pembangunan fasilitas air seringkali mengganggu kenyamanan masyarakat. Namun, ia berharap dukungan masyarakat tetap kuat demi memastikan kebutuhan air bersih bagi warga Jakarta dapat terpenuhi.

“Kami telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk sumber-sumber air yang masuk ke Jakarta. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, karena secara teknis perkotaan ini tidak mudah. Kotanya sudah padat duluan dibandingkan sambungan airnya sehingga pastinya pembangunan kami bisa mengganggu masyarakat dengan kemacetan. Tapi sekali lagi tujuan kami untuk memastikan kebutuhan hidup masyarakat di Jakarta akan air bisa terpenuhi,” tutup Arief.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru