Minggu, 15 September 2024
Minggu, 15 September 2024

Gus Yaqut Wanti-Wanti Jangan Lagi Agama Jadi Alat Kampanye Pilkada

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan kepada semua pihak untuk tidak lagi menggunakan agama sebagai propaganda dan kampanye dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu mengingatkan bahaya yang akan ditimbulkan jika agama digunakan sebagai alat politik praktis pihak tertentu, yakni polarisasi yang tinggi dan sulit untuk disembuhkan dalam waktu dekat.

“Kalau digunakan menjadi alat untuk berpolitik, ini akan mengkhawatirkan, terjadinya konflik itu,” kata Gus Yaqut dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (2/9).

Gus Yaqut mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Jokowi (Joko Widodo) saat menunjuknya sebagai Menteri Agama, bahwa agama seharusnya menjadi sumber inspirasi umat bukan aspirasi politik praktis.

“Karena, akan sangat berbahaya sekali. Sangat berbahaya sekali. Agama itu sangat sensitif,” tegasnya.

Adik kandung Gus Yahya (Yahya Cholil Staquf / Ketua Umum PBNU) tersebut kemudian menegaskan bahwa dalam proses berdemokrasi, baik Pilpres, Pilkada, maupun Pileg, semuanya bermuara untuk mencari calon-calon yang terbaik dalam memimpin.

Maka dari itu, prosesnya pun harus dilakukan dengan cara yang baik pula, tidak boleh menggunakan hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan.

“Kalau mencari yang terbaik tentu prosesnya juga harus baik dan tidak harus menggunakan cara-cara yang negatif dan merusak,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pengamanan Pilkada 2024 Dilakukan di Masing-masing Polda

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas...

Marak Kotak Kosong di Pilkada 2024, Jokowi : Itu Proses Demokrasi!

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi maraknya fenomena kosong dalam gelaran Pilkada Serentak 2024.

Daftar Cagub dan Cawagub di Pilkada 2024

Pendafataran kepala daerah dalam Pilkada 2024, telah resmi ditutup sejak Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB. Pasangan calon khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur, paling menarik perhatian.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru