Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Tips Hidup Sehat untuk Menghindari Kanker Ovarium

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selebgram Shella Selpi Lizah meninggal dunia setelah 3 tahun melawan kanker ovarium. Sama seperti penyakit lainnya, kanker ovarium bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya adalah hidup sehat.

Mengadopsi gaya hidup sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker ovarium. Kanker ovarium adalah penyakit yang sulit dideteksi pada tahap awal, sehingga pencegahan menjadi sangat penting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk hidup sehat dan mengurangi risiko kanker ovarium.

1. Diet Seimbang

Pola makan yang sehat memainkan peran penting dalam mencegah kanker ovarium. Konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran segar dapat melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker.

2. Aktivitas Fisik

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat mengurangi risiko kanker ovarium. Aktivitas fisik membantu menjaga berat badan ideal dan mengatur kadar hormon dalam tubuh. Wanita yang aktif secara fisik cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena kanker ovarium dibandingkan mereka yang jarang

3. Kontrol Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker ovarium karena peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Mengelola berat badan dengan cara makan sehat dan berolahraga dapat membantu mengurangi risiko ini. Penting untuk memantau berat badan dan melakukan perubahan gaya hidup jika diperlukan untuk mencapai berat badan yang sehat.

4. Hindari Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Paparan bahan kimia berbahaya seperti pestisida dan bahan kimia industri dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Untuk meminimalkan risiko, pilih produk organik jika memungkinkan dan hindari penggunaan bahan kimia berbahaya di rumah. Selalu ikuti petunjuk penggunaan produk kimia dengan hati-hati dan pastikan ventilasi yang baik saat menggunakan produk tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Sobat Holopis dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan mengurangi risiko kanker ovarium.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.

Kemenkes Bakal Vaksinasi Mpox

WHO dan BPOM sepakat akan memberikan vaksinasi cacar ,monyet atau Mpox di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru