Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

AHY Dukung PKPU Sesuai Putusan MK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa pihaknya sudah memahami semua kondisi sosial politik terkini dengan mengikuti dinamika yang ada.

“Kami selama tiga hari terakhir ini benar-benar serius mengawal perkembangan situasi bahkan bisa dikatakan setiap hari sampai dengan malam hari untuk membahas bagaimana situasi politik yang kita harapkan sebetulnya,” kata AHY dalam konferensi pers di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8) seperti dikutip Holopis.com.

Pada hakikatnya, ia mengatakan bahwa Partai Demokrat ingin agar situasi politik menjelang minggu terakhir pendaftaran Pilkada 2024 serentak di setiap KPUD di masing-masing daerah bisa berlangsung aman dan kondusif, serta sejuk dengan perdamaian.

Walaupun ia juga memahami bahwa setiap dinamika pemilihan umum, tentu ada gesekan-gesekan yang terjadi di setiap stakeholder, namun hal itu menurut AHY adalah wajar dalam sebuah wahana kontestasi.

Hanya saja, dirinya ingin agar gesekan dalam kontestasi tersebut tetap berada di jalur koridor demokratis. Sehingga langkah konkret yang diambil Partai Demokrat adalah mendengarkan semua masukan dan kritikan dari semua elemen masyarakat tanpa terkecuali.

“Kami sekali lagi mendengar juga menyerap aspirasi dari masyarakat luas, para mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat yang lain di berbagai daerah. Bukan hanya yang di Jakarta, tidak hanya yang turun ke jalan, tapi juga yang mengisi ruang-ruang media sosial, kita harus mendengarkan suara rakyat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dalam situasi dinamika sosial politik seperti saat ini, AHY mengatakan jika pandangan Partai Demokrat saat ini adalah mendorong agar KPU (Komisi Pemilihan Umum) segera melakukan revisi terhadap PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Revisi tersebut diharapkan sejalan dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 maupun Nomor 70/PUU-XXII/2024.

“Kami tentu mendukung agar KPU juga bisa segera mengeluarkan PKPU yang tentunya sejalan dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi. Saya ulangi, yang sejalan dengan keputusan MK,” tegas AHY.

Pandangan Partai Demokrat ini pun sejalan dengan apa yang telah disampaikan oleh pimpinan DPR RI bahwa aturan main Pilkada 2024 nanti adalah PKPU yang sejalan dengan apa yang menjadi putusan Mahkamah Konstitusi.

Lantas, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut mengajak semua stakeholders untuk senantiasa menjaga situasi nasional tetap aman dan kondusif.

“Marilah kita semua, siapa pun dalam kapasitas apa pun, kita jaga situasi politik yang tetap baik dan kondusif. Walaupun selalu menjelang Pilkada pasti menghangat, itu sesuatu yang wajar,” tukasnya.

Namun demikian, ketika suasana kebangsaan dan kenegaraan dalam nuansa kontestasi politik dapat dijaga kondusifitasnya, maka ia yakin hasil dari Pilkada akan baik. Yakni lahirnya pemimpin baru untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Kalau kita bisa menjaga suasana politik kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara juga tetap baik, maka tujuan Pilkada untuk mencari pemimpin-pemimpin terbaik di berbagai daerah, baik di tingkat Provinsi Kabupaten/Kota sesuai dengan semangat dan spirit dari pilkada itu sendiri Insya Allah bisa tercapai,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PDIP Siap Dukung Pemerintah Prabowo, Kalau …

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah mengatakan, bahwa pihaknya bakal mendukung pemerintahan berikutnya, di bawah kepemimpinan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Gerindra Akui Kabinet Prabowo Bakal Diisi Lebih Banyak Profesional Ketimbang Parpol

Partai Gerindra memberikan bocoran mengenai komposisi kabinet yang akan berada di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming mendatang.

Yudi Sentil KPK soal Temuan Mobil Harun Masiku Parkir 2 Tahun di Tanah Abang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Mantan penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru