Jokowi dan Iriana Pakai Baju Adat Kustin dari Suku Kutai Kalimantan Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo atau Iriana Jokowi Hadir menawan dan serasi saat sampai di lapangan Istana Negara, IKN, Kalimantan Timur. hari ini, Sabtu (17/8). Jokowi dan Iriana mengenakan pakaian adat suku Kutai, Kalimantan Timur.

Baju tersebut disebut Kustin yang berasal dari suku Kutai. Pakaian adat yang dikenakan Jokowi dan Iriana berwarna hitam yang senada ketika upacara akan segera dimulai.

Terpantau Holopis.com, Jokowi menggandeng Iriana saat menuruni tangga menuju podium inspektur upacara.

Apa Itu Baju Kustin dari suku Kutai Kalimantan Timur?

Baju Kustin terbuat dari pakaian dengan bahan beludru. Pakaian adat ini dibaluri hiasan benang emas di beberapa tempat seperti bagian leher, dada, serta pergelangan tangan.

Baju ini dulunya biasa dikenakan pakaian dari keluarga menengah ke atas.

Istilah Kustin berasal dari kata Kustin yang berarti kebesaran. Biasanya baju ini dipakai sultan setiap upacara besar.

Untuk perempuan, bawahan baju mengenakan kain berbentuk sarung atau rok. Sementara itu untuk pria, pakaian terdiri dari celana panjang dan kain yang dibelit dengan ketinggian berbeda.

Seperti yang diketahui, upacara HUT RI 17 Agustus hari ini dilaksanakan di dua tempat secara bersamaan, yaitu Istana Merdeka Jakarta, dan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dipimpin oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara.

Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengikuti upacara di Istana Merdeka, Jakarta. Kedua upacara ini dimulai dalam waktu yang bersamaan, yaitu pukul 10.00 WIB di Jakarta, dan pukul 11.00 WITA di IKN.

Sejumlah menteri juga hadir di Istana Merdeka Jakarta, termasuk Retno Marsudi, Budi Gunadi Sadikin, Agus Harimurti Yudhoyono, dll.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Diserang Hacker, Indodax Tebar Duit Rp 3 Juta Tiap 1 Jam

Platform trading kripto, Indodax, tengah menjadi sasaran para hacker. Hal tersebut berdasarkan laporan yang dibagikan oleh Cyvers Alert.

Peretas Berulah, Bappebti Imbau Pelanggan Indodax Tenang

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi...

RESEP : Gado-gado, Salad Khas Indonesia yang Gurih dan Manis

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gado-Gado adalah salah satu hidangan salad...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru