Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Yaqut Cholil Ngibrit Ditanya Laporan di KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut ogah menanggapi pelaporan dirinya ke KPK beberapa waktu lalu terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji 2024 yang dicap banyak masalah.

Yaqut berdalih bahwa dirinya sedang berada di rapat kerja Gerakan Kristen Indonesia Raya (Gekira) pada Sabtu (3/8).

“Nanti kita cari kesempatan lain ya,” kata Yaqut dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Sebelumnya diberitakan, Gerakan Aktivis Mahasiswa UBK Bersatu (GAMBU) melaporkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menag Yaqut dilaporkan atas dugaan korupsi dalam pelaksanaan ibadah haji 2024.

“Kami selaku pelapor mohon kepada Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkenan memanggil para terlapor tersebut serta pihak-pihak yang terkait untuk dilakukan pemeriksaan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” ungkap Ketua GAMBU, Arya, abu (31/7).

Bukan tanpa sebab GAMBU meminta KPK memeriksa pihak-pihak terkait, termasuk Menag Yaqut. Pasalnya, GAMBU menduga ada dugaan penyalahgunaan wewenang terkait pengalihan kuota haji reguler ke haji khusus sebanyak 50 persen secara sepihak.

Pengalihan kuota haji reguler ke haji khusus itu dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kuota haji khusus berdasarkan UU itu ditetapkan hanya sebesar 8 persen dari kuota haji Indonesia.

“Karena ada dugaan seorang Menteri yang melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang serta mengangkangi aturan dengan menetapkan kebijakan kuota haji tanpa berkonsultasi dengan DPR,” ungkap Arya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Para Pekerja Rumah Tangga Aksi di DPR, Desak Puan cs Sahkan UU PPRT Sebelum Akhir September

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sejumlah kalangan dari civil society berencana...

Kemenhub Lakukan Pengawasan dan Pembinaan Keselamatan Pelayaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan upaya...

Haidar Alwi Nilai Kenaikan Anggaran Polri Tak Masalah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pendiri Haidar Alwi Institute (HAI), R...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru