KPK Didesak Usut Dugaan Korupsi Kuota Haji dan Periksa Menag Yaqut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) diminta mengusut dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024. Tak terkecuali terkait kuota haji 2024.

Hal itu disampaikan Aliansi Masyarakat Antikorupsi (Almasi) saat menyampaikan aspirasi di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (30/7).

“Carut marut pelaksanaan ibadah haji 2024 terutama dugaan korupsi kuota haji membuat kita prihatin,” tegas Koordinator Eksekutif ALMASI, Andi Isa, seperti dikutip Holopis.com.

Almasi juga mendesak agar lembaga antirasuah memeriksa Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan wakilnya, Saiful Rahmat Dasiku terkait dugaan rasuah tersebut. ALMASI menilai dua nama itu tak profesional dalam menjalankan tugasnya karena sengkarut kuota haji.

“KPK segera periksa dan tangkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wamenag Saiful Rahmat Dasiku mengingat saat ini Pansus Angket Haji juga tengah bergulir di DPR RI,” ungkap Andi.

ALMASI dalam kesempatan ini juga menyinggung belanja mobil dinas di Kementerian Agama tahun 2023-2024. Menurut Andi, KPK harus mengusut tuntas karena diduga terjadi pemborosan.

“Uang rakyat hasil keringat rakyat bukan untuk kemewahan para pejabat,” ujar Andi.

KPK sebelumnya menyambut positif dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Angket Pengawasan Haji di DPR. Lembaga antikorupsi pun menyatakan siap berkolaborasi dengan Pansus.

“KPK menyambut positif pansus yang dibuat. Tentunya, apabila nanti ada permintaan dari DPR untuk pendampingan KPK. Kami akan lihat dalam kapasitas apa KPK bisa mendampingi kegiatan tersebut,” kata ujar juru bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto beberapa waktu lalu.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cak Imin soal Anies Mau Bikin Partai : Berat, Biar Saya Saja

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ikut memberikan komentar terkait rencana Anies Baswedan untuk membentuk partai politik.

Rangkuman Kunjungan Prabowo ke 5 Negara Hanya Dalam 3 Hari

Dalam kurun Waktu 3 hari, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sekaligus presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengunjungi 5 negara. Pada kunjungan tersebut, Prabowo langsung bertemu dengan pimpinan negara-negara yang ia kunjungi.

Habib Syakur Kecewa Ada Rencana Aspel Pasukan Berani Mati Jokowi

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid kaget dengan adanya seruan apel akbar pasukan yang hendak diselenggarakan oleh segerombolan orang yang mengatasnamakan Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi pimpinan Sukodigdo Wardoyo.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru