Kapolri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada, Ahmad Luthfi Salah Satunya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi terhadap 157 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Dari jumlah tersebut, total ada enam jabatan Kapolda yang dimutasi, salah satunya yakni Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi yang digantikan Brigjen Ribut Hari Wibowo.

Dengan adanya rotasi ini, perwira tinggi yang digadang-gadang sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu bakal menempati jabatan Pati Itwasum Polri penugasan pada Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sementara penggantinya, yakni Brigjen Ribut bakal naik pangkat satu tingkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen), atau setingkat dengan Ahmad Luthfi.

Selain Kapolda Jateng, Kapolri juga turut merotasi jabatan Kapolda Bangka Belitung yang sebelumnya dijabat Irjen Tornagogo Sihombing, dimana kini ia digantikan oleh Irjen Hendro Pandowo.

Diketahui, bahwa Irjen Hendro sempat menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat. Ia juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Selanjutnya yakni Kapolda Maluku, Irjen Lotharia Latif yang kini digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan. Kapolda Bali yang sebelumnya dijabat Irjen Ida Bagus KD Putra Narendra juga terkena rotasi.

Untuk Ida adalah Irjen Daniel Aditya Jaya, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara). Sedangkan untuk Kapolda Kaltara diisi oleh Irjen Hary Sudwijanto yang sebelumnya menjabat Kakorsabhara Baharkam Polri.

Kemudian selanjutnya yakni Kapolda Bengkulu yang sebelumnya dipimpin Irjen Armed Wijaya, akan diganti oleh Brigjen Pol Anwar yang sebelumnya menjabat Karo Watpers SSDM Polri.

Sebagaimana diketahui, bahwa rotasi dan mutasi tersebut teregister dalam Surat Telegram Nomor ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2024 yang ditandatangani oleh As SSDM Polri, Irjen Dedi Prasetyo.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, bahwa langkah tersebut dilakukan pihaknya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, meski dilakukan jelang Pilkada Serentak yang bakal berlangsung pada November 2024 mendatang.

“Mutasi di lingkup Polri dalam rangka promosi, masa purna, tour of area, dan Kapolda. Ini dalam rangka memberikan peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat,” kata Trunoyudo dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (27/7).

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Habib Syakur Kecewa Ada Rencana Aspel Pasukan Berani Mati Jokowi

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid kaget dengan adanya seruan apel akbar pasukan yang hendak diselenggarakan oleh segerombolan orang yang mengatasnamakan Pasukan Berani Mati Pembela Jokowi pimpinan Sukodigdo Wardoyo.

Mahfud Tebar “Virus” ke Mahasiswa

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD kembali aktif melakukan edukasi kepada masyarakat dan generasi muda pasca purna tugas sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya yang dilakukannya di Universitas Semarang (USM).

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru