Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Selamat Hari Anak Nasional! Begini Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati pada 23 Juli di setiap tahunnya. Berikut tema dan sejarahnya di artikel ini.

Sebelum lebih lanjut, perlu diketahui bersama bahwa Hari Anak Nasional dirayakan pada tanggal tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984.

Khusus pada perayaan Hari Anak Nasional tahun 2024 kali ini, tepat jatuh di hari Selasa (23/7). Berikut selengkapnya mengenai sejarah hingga tema Hari Anak Nasional

Sejarah Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional sejatinya telah ada sejak masa kepemimpinan Presiden RI pertama, Soekarno, dulu namanya Hari Kanak-Kanak Indonesia.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, Hari Anak Nasional ditetapkan di masa kepemimpinan Presiden Soeharto.

Lalu, ditetapkan lah Keputusan Presiden RI No. 44 Tahun 1984 yang isinya merupakan penetapan perayaan Hari Anak Nasional yang diperingati pada 23 Juli di setiap tahunnya.

Ada pun visi dari ditetapkannya Hari Anak Nasional tersebut yakni untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah serta peduli terhadap anak.

Tema Hari Anak Nasional 2024

Dikutip Holopis.com dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPA RI), tema Hari Anak Nasional 2024 yakni ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’.

Ada pun tema yang diambil untuk Hari Anak Nasional 2024 tersebut terbagi ke dalam sejumlah sub, sebagai berikut :

  • Suara ANak Membangun Bansa
  • Anak Cerdas, Berinternet Sehat
  • Pancasila di Hati Anak Indonesia
  • Dare to Lead and Speak Up : Anak Pelopor dan Pelapor
  • Anak Merdeka dari Kekerasa, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting
  • Pengasuhan Layak untuk Anak : Digital Parenting
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru