Mengenal Kecubung, Si Mungil Beracun yang Ternyata Kaya Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Di balik keindahan bunganya yang berwarna ungu memikat, tersembunyi sisi lain dari kecubung, atau yang dalam dunia ilmiah dikenal Datura metel), yang belakangan ini diketahui sering disalahgunakan.

Tanaman yang mudah ditemukan di pekarangan rumah atau tumbuh liar di pinggir jalan, menyimpan potensi bahaya jika tidak digunakan dengan tepat.

Namun, di balik sisi gelapnya, kecubung juga memiliki segudang manfaat yang perlu diketahui. Mari kita telusuri lebih dalam tentang tanaman unik ini.

Kandungan dan Bahaya Kecubung

Kecubung mengandung alkaloid tropan, seperti skopolamin dan atropin, yang memberikan efek psikoaktif. Efek ini yang sering disalahgunakan untuk mencari kesenangan sesaat dengan cara dihisap, dimakan, atau diminum.

Penggunaan kecubung yang tidak tepat dapat membawa bahaya serius, seperti halusinasi dan delusi, hilang ingatan, kejang, koma, atau bahkan kematian.

Manfaat Kecubung

Meskipun berbahaya, kecubung memiliki beberapa manfaat yang perlu diketahui:

  • Sebagai obat tradisional : Dalam dosis kecil dan di bawah pengawasan ahli, kecubung dapat digunakan untuk mengobati asma, batuk, diare, dan epilepsi.
  • Sebagai anestesi : Kecubung dapat digunakan sebagai anestesi lokal untuk meredakan nyeri sebelum operasi kecil.
  • Sebagai obat bius : Dalam dosis rendah, kecubung dapat digunakan untuk membantu orang tidur atau meredakan kecemasan.

Pentingnya Penggunaan yang Tepat

Mengingat potensi bahaya dan manfaatnya, penggunaan kecubung harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan di bawah pengawasan ahli. Penggunaan tanpa pengetahuan dan dosis yang tepat dapat berakibat fatal.

Berikut beberapa tips untuk menghindari bahaya kecubung

  • Jangan gunakan kecubung tanpa pengetahuan dan pengawasan ahli.
  • Jauhkan kecubung dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Laporkan kepada pihak berwajib jika menemukan penyalahgunaan kecubung.
Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tak Sekadar Aroma, Daun Pandan Juga Bisa Bikin Cantik

Dikenal karena aroma khasnya yang harum, daun pandan bukan hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

4 Tanda Demam yang Harus Diperiksa ke Dokter

Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi atau kondisi medis lainnya, dan seringkali dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

Resmikan RS Khusus, Jokowi Harap Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menaruh harapan besar dengan telah diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru