NewsPolhukamPeringati HUT ke-14, Kinerja BNPT Perangi Terorisme Tuai Pujian

Peringati HUT ke-14, Kinerja BNPT Perangi Terorisme Tuai Pujian

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kinerja Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menuai pujian dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin yang disampaikan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 BNPT.

Dalam sebuah tayangan video, Wapres Ma’ruf mengapresiasi BNPT yang terus menunjukkan kinerja terbaiknya dalam penanggulangan terorisme di Indonesia. Sehingga dapat terwujud Indonesia tanpa serangan berbasis terorisme atau zero terrorist attack dalam setahun terakhir ini.

“BNPT telah menunjukkan dedikasinya menjaga keamanan dan keselamatan bangsa ini dengan capaian luar biasa berupa zero terrorist attack sepanjang tahun 2023 hingga Juni 2024,” ujarnya dalam acara Syukuran HUT ke-14 BNPT dan Peresmian Museum Nasional Penanggulangan Terorisme di Kompleks kantor BNPT, Bogor, Jawa Barat, Senin (16/7/2024).

Selain Wapres Ma’ruf, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn), Hadi Tjahjanto yang hadir dalam acara itu pun turut memberikan apresiasi kepada BNPT, atas kinerjanya yang mengalami peningkatan pesat. 

“BNPT telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang luar biasa dalam pencegahan, penanggulangan, dan pemberantasan terorisme di Indonesia,” kata Menko Hadi 

Menurutnya, pencapaian yang paling menonjol dari BNPT yakni tidak adanya serangan terorisme atau zero terrorist attack pada tahun 2023, serta terlaksananya pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang aman dari aksi-aksi terorisme. 

Hadi menuturkan, bahwasanya keberhasilan tersebut tidak lepas dari upaya BNPT dalam mengimplementasikan konsep pentahelix, sebagai grand strategy penanggulangan terorisme dengan melibatkan pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas/masyarakat, dan juga media.

“Meskipun begitu, menurunnya angka terorisme bukan berarti Indonesia sudah sepenuhnya terbebas dari ancaman terorisme,” ungkap Hadi.

Ia lantas mengingatkan, bahwa ancaman terorisme tidak sepenuhnya hilang. Sehingga mantan Panglima TNI itu pun berharap agar BNPT terus waspada mencegah potensi terorisme yang ada. 

“Untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, kita harus memastikan bahwa setiap warga negara merasa aman dan terlindungi,” tegas Hadi.

Hadi lantas mengapresiasi pengukuhan suatu organisasi atau paguyuban yang diberi nama Paguyuban Anti Terorisme Indonesia (PATI), yang juga berlangsung pada acara HUT BNPT tersebut. 

“Harapannya, PATI ini bisa menjadi satu paguyuban yang bisa memberikan kontribusi kepada BNPT terkait dengan bahaya-bahaya, memasukan-masukan untuk kebaikan lembaga BNPT,” tutur Hadi.

Adapun pada kesempatan yang sama pula, Menko Hadi turut meresmikan Museum Nasional Penganggulangan Terorisme yang merupakan tonggak sejarah penting perjalanan dalam menanggulangi terorisme di Tanah Air.

Menurutnya, museum ini tidak hanya akan menjadi tempat mengenang dan menghormati para pahlawan yang telah berkorban dalam perang melawan terorisme, tetapi juga sebagai pusat edukasi bagi masyarakat tentang bahaya terorisme, serta pentingnya menjaga persatuan dan kedamaian di Tanah Air.

“Mari jadikan museum ini sebagai simbol komitmen dalam memerangi terorisme dan membangun Indonesia yang lebih aman, damai, dan sejahtera,” kata Hadi.

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel, mengatakan bahwa museum ini merupakan salah satu strategi BNPT dalam penanggulangan terorisme di Indonesia.

Selain itu, museum ini juga didedikasikan sebagai media edukasi bagi masyarakat mengenai upaya Indonesia berjuang melawan terorisme, serta menjaga keutuhan bangsa. Sehingga masyarakat dapat terus meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan bahaya terorisme. 

“Museum ini juga menjadi simbol pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi ancaman terorisme dengan prinsip whole government and whole society approach,” ungkap Rycko.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jokowi Lebih Doyan Diskusi dengan Surya Paloh Ketimbang Megawati

Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengungkapkan bahwa dirinya mempunyai utang budi yang begitu besar terhadap dirinya di kancah perpolitikan.

Datang Ramai-Ramai, Pergi Ditinggal Ramai-Ramai, Jokowi Sindir Siapa ?

Presiden Jokowi mengaku sangat senang dengan sikap Surya Paloh yang memutuskan bahwa Partai Nasdem akan mendukung pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi Ngaku Pernah Dikibulin Surya Paloh

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyindir sikap Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang terkadang suka berseberangan dengan dirinya.

Cak Imin Cuek soal Muktamar Tandingan

Ketua Umum terpilih DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tak terlalu tertarik menanggapi adanya rencana muktamar tandingan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).