NewsInternasionalJokowi Lobi Presiden MBZ Bangun Pusat Keuangan di IKN

Jokowi Lobi Presiden MBZ Bangun Pusat Keuangan di IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ di Abu Dhabi, pada hari ini, Rabu 17 Juli 2024.

Dalam pertemuan terbatas tersebut, kedua kepala negara itu membahas perihal rencana kerja sama pembangunan Financial Centre atau pusat keuangan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tadi Presiden juga melakukan pertemuan terbatas dengan Presiden MBZ dalam bentuk terbatas. Beberapa hal yang menjadi fokus pembicaraan antara lain pertama, rencana kerja sama pembangunan financial centre di IKN,” ujar Menlu Retno Marsudi, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (17/7).

Menlu Retno mengatakan, rencana kerja sama ini diwadahi dalam MoU yang ditandatangani oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dengan Dubai International Financial Centre (DIFC).

“Setelah penandatanganan MoU ini akan diikuti oleh kunjungan delegasi teknis yang akan mulai membahas persiapan kerja sama,” ujar Menlu.

Selain membahas rencana kerja sama pembangunan pusat keuangan, Jokowi dan Presiden MBZ juga membahas ihwal kerja sama pengembangan industri bahan baku nikel, mengingat Indonesia sendiri merupakan negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia.

Selain itu, Indonesia juga telah mengembangkan ekosistem hilirisasi nikel, terutama untuk produk-produk baterai dan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

“Dalam kaitan inilah, Presiden Jokowi mengajak UEA untuk melakukan investasi di bidang EV dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Selain melakukan pertemuan terbatas, kedua pemimpin juga melakukan pertemuan bilateral. Di sela pertemuan bilateral itu, kedua pemimpin menyaksikan pengumuman 8 kesepakatan deliverables kunjungan, yakni :

1. MoU antara Kementerian BUMN dan Eagle Hills terkait turisme dan transportasi udara;

2. MoU antara Nusantara Capital Authority dan Dubai International Financial Centre Authority terkait pembentukan Financial Centre di IKN;

3. MoU antara BRIN dan Emirates Nuclear Energy (ENEC) terkait energi nuklir;

4. MoU antara BI dan UAECB terkait sistem pembayaran;

5. MoU antara Kementerian Keuangan dan Ministry of Finance terkait Public Finance Management;

6. Framework Agreement antara PT DI & PAL Aerospace terkait Technology Transfer of Maritime Patrol Aircraft and Anti-Submarine Warfare;

7. MoU antara Masdar dan PLN Icon+ untuk Joint Assessment and Study instalasi Solar Rooftop bidang komersil dan industrial di Indonesia;

8. MoU antara Mohamed bin Zayed Species Conservation Fund United Arab Emirates dan Kemenkomarves terkait pembangunan Sheikh Mohamed bin Zayed and Joko Widodo International Mangrove Research Center di Bali.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hamas Kecam Rencana Israel Soal Pendanaan Wisata Orang Yahudi ke Masjid Al-Aqsa

Kelompok perlawanan Palestina Hamas mengecam keras rencana pemerintah Israel untuk menggelontorkan dana wisata bagi orang Yahudi ke Masjid Al-Aqsa.

Siap-siap! Donald Trump dan Kamala Harris Akan Debat Tanggal 10 September

Kamala Harris dan Donald Trump akan tatap muka dan debat untuk pertama kalinya sebagai calon presiden Amerika Serikat pada tanggal 10 September 2024 mendatang.

CEO-nya Ditangkap, Mengapa Aplikasi Telegram ‘Ditakuti’ Barat?

CEO Telegram, Pavel Durov baru saja membuat dunia heboh saat ia ditangkap di bandara Prancis karena kasus dugaan berbagai komunikasi tindakan kriminal yang ada diaplikasi yang ia pimpin.

Indonesia Kecam Keras Rencana Israel Bangun Sinagoge di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) mengecam keras pernyataan Israel melalui Menteri Keamanan Nasional-nya yakni Itamar Ben-Gvir, soal rencana pembangunan Sinagoge di kompleks Masjid Al-Aqsa.