NewsPolhukamWapres Minta Target Zakat Untuk Dorong Mustahik Bertransformasi Jadi Muzakki

Wapres Minta Target Zakat Untuk Dorong Mustahik Bertransformasi Jadi Muzakki

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta agar penyaluran zakat kepada para mustahik (penerima zakat) harus dilakukan dengan berbasis data yang akurat, sehingga penyaluran zakat tersebut bisa berlangsung komprehentif.

“Pastikan pengeluaran zakat tepat sasaran dan tepat manfaat dengan basis data yang akurat, utamanya pada program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan,” kata Kiai Maruf dalam pembukaan Munas 10 Forum Zakat di Istana Wapres, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (16/7) seperti dikutip Holopis.com.

Ia berpesan agar para penyelenggara amil zakat tidak hanya fokus untuk menyalurkan zakat kepada para penerima zakat atau mustahik. Akan tetapi melakukan upaya sedemikian rupa untuk memastikan pengentasan kemiskinan.

“Tingkatkan kebermanfaatan zakat dalam pengentasan kemiskinan dengan tidak hanya diarahkan untuk mengentaskan mustahik dari garis kemiskinan ekstrem, tapi juga memberdayakan mustahik agar bertransportasi menjadi muzakki (pemberi zakat),” ujarnya.

Sebab kata dia, zakat yang sukses adalah bagaimana para penerima zakat bisa maju dan berdaya meningkat sehingga tidak selamanya menjadi fakat miskin dan dhuafa.

“Mustahik begitu, kalau tidak diberdayakan supaya bertransformasi, nanti dia seumur hidup jadi mustahik, abadan abidin, jadi mustahik terus,” tuturnya.

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sekaligus Rais Aam PBNU tersebut mengatakan bahwa para fakir miskin dan kaum dhuafa penerima zakat harus benar-benar bisa diberdayakan dengan baik.

Zakat yang disalurkan akan semakin bermanfaat ketika dilakukan dengan paradigma yang tepat, yakni bagaimana mendorong agar para mustahik bertransformasi menjadi pribadi yang mumpuni dalam finansialnya.

“Melalui program pemberdayaan ekonomi umat seperti pemberian modal usaha mikro dan kecil,” tandasnya.

“Selain itu penting untuk memastikan zakat yang dilakukan oleh terintegrasi dengan basis data yang akurat,” pungkas Maruf.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Canda Zulhas Sapa Bahlil : Licin Luar Biasa, Semua Bisa Diolah

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas melontarkan kalimat candaan saat menyapa Ketua Umum Bahlil Lahadalia dalam acara pembukaan Kongres ke-6 PAN.

Jokowi Sebut PAN Paling Konsisten Dukung Prabowo Subianto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti konsistensi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto selama berkontestasi di pemilihan presiden (Pilpres).

AHY Ingin Suasana Politik Pilkada 2024 Damai dan Kondusif

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak seluruh stakeholders untuk senantiasa menjaga situasi nasional tetap aman dan kondusif. Khususnya dalam menghadapi Pilkada 2024.

KIM Janji Patuhi Putusan MK Terkait Pencalonan Pilkada 2024

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menegaskan, bahwa partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan tunduk peraturan perundang-undangan dalam mengikuti seluruh proses Pilkada Serentak 2024.