Pemerintah Gelontorkan Rp 11 Miliar Untuk BisKita Depok

HOLOPIS.COM, DEPOK – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi telah meluncurkan BisKita Trans Depok Rute Stasiun Harjamukti – Margonda Depok dan sebaliknya.

Untuk memfasilitasi moda transportasi ini, pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp 11 miliar. 

Saat peluncurannya, Menhub mengatakan BisKita merupakan bagian dari program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bernama Buy The Service (BTS), sekaligus menjadi feeder bagi masyarakat Depok yang ingin naik LRT.

“Feeder atau kita namakan BISKITA Trans Depok adalah suatu kegiatan Buy the Service yang dibiayai oleh Kemenhub kepada Kota Depok. Kemarin di Balikpapan telah kita lakukan bulan lalu juga kita lakukan di Bekasi,” kata Budi Karya, dikutip Holopis.com, Senin (15/7). 

Ia juga turut mengajak kota-kota di Jabodetabek selain mendapatkan layanan BTS dari pusat, juga bisa mengalokasikan secara mandiri untuk kebutuhan transportasi massal menggunakan APBD. Untuk di Depok sendiri, kebutuhan dananya mencapai Rp 11 miliar.

Adanya moda transportasi tersebut, Menhub berharap bisa mendorong lebih banyak masyarakat menggunakan angkutan massal perkotaan yang sangat penting sebab kemacetan di wilayah Jabodetabek sudah sangat parah. Terlebih lagi dengan headway atau jarak waktu antara bus satu dengan selanjutnya, diklaim hanya 10 menit.

Selain itu, BisKita ini ditargetkan bisa mengurangi waktu tempuh masyarakat, yang tadinya memakan waktu 2-2,5 jam menuju Stasiun Harjamukti jika menggunakan transportasi pribadi, menjadi hanya 45 menit.

“Harapan kita tadinya masyarakat Depok yang butuh 2 jam, bisa 45 menit,” ujarnya.

Budi Karya memperkirakan, jika sepanjang hari ada 2.000 orang yang dapat terlayani melalui BISKITA, maka artinya paling tidak sebanyak 2.000 motor atau mobil pribadi tidak bergerak di jalan. Selain berbiaya murah, hal ini juga dapat mengurangi polusi dan kemacetan.

Untuk itu, dirinya meminta agar masyarakat setempat memanfaatkan layanan BisKita Trans Depok, sebab layanan ini masih gratis selama 6 bulan sejak mulai kemarin beroperasi.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Depok ayo gunakan BisKita untuk sampai ke Stasiun LRT Harjamukti, dan selama 6 bulan gratis,” tukas Budi.

BISKITA Trans Depok akan beroperasi selama 16 jam dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Akan ada total 48 titik perhentian dengan total jarak lintasan 34 kilometer.

Saat ini terdapat 14 unit kendaraan yang siap beroperasi serta 1 unit kendaraan cadangan dengan target sebanyak 7 ritase per unit. Selama 6 bulan di awal beroperasi, layanan ini dapat dinikmati secara gratis.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Sambut Gembira Wacana Pembentukan Angkatan Siber TNI

CEO Solusindo Digital Holistik (Sidik Cyber), Yonathan Yeremia menyambut gembira wacana pembentukan angkatan ke-IV TNI yakni matra Siber.

Densus 88 Tangkap 2 Teroris Jaringan ISIS di Bima

Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap 2 (dua) orang tersangka terorisme jaringan Jamaah Ansharu Daulah di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Alexander Marwata Pamer Kegagalan KPK Tangani Korupsi

Alexander Marwata menegaskan bahwa kondisi KPK saat ini bukanlah lembaga superbody yang mampu untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru