Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Partisipasi Pilkada 2024 Menurun, KPU Karawang Bakal Kampanye

HOLOPIS.COM, KARAWANG – Menurunnya angka partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karawang menjadi tantangan besar bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang. 

Ketua KPU Karawang, Mari Fitriana, mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat untuk ikut serta dalam Pilkada relatif lebih rendah dibandingkan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Kalau untuk partisipasi pemilu, biasanya untuk Pilkada itu kan agak berbeda dengan Pilpres dan Pileg. Dilihat dari data 2020, kemarin partisipasi masyarakatnya hanya di angka 70 persen, nah itu kan sangat berbeda jauh dengan hasil pemilu di 2019 sekitar 80 persen,” kata Mari kepada Holopis.com pada Jumat (12/07).

Mari menambahkan bahwa KPU RI menargetkan setiap KPU Kabupaten dan Kota untuk meraih 82 persen angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024. 

Untuk mencapai target tersebut, KPU Karawang perlu melakukan kampanye kolaboratif dengan partai politik serta memaksimalkan kinerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat.

“Untuk Pilkada sendiri, ini tantangan untuk KPU Karawang, karena di 2020 angka partisipasinya hanya 70 persen. PR kami harus menaikkan 12 persen, dan ini membutuhkan kampanye kolaboratif,” ujarnya.

Selain itu, Mari juga menyebutkan bahwa peran media sangat penting dalam membantu KPU mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat. Dukungan media diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

72 Panitia PPS Kutawaluya Akan Demo Kantor KPU Karawang Gegara Gaji

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Sebanyak 72 Panitia PPS (Pemungutan Suara)...

Semburan Lumpur Pekat di Sungai Citarum, Dinas LH Karawang Bilang Begini

HOLOPIS.COM, KARAWANG - Karawang digemparkan oleh munculnya semburan air...

Cek Prakiraan Cuaca Jabar Selasa 17 September 2024, Berpotensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Selasa 17 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru