NewsMiliterTNI AU Bakal Diperkuat Radar Baru Produksi Perancis dan Ceko

TNI AU Bakal Diperkuat Radar Baru Produksi Perancis dan Ceko

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AU (Angkatan Udara) mengungkapkan bahwa wilayah udara Indonesia akan segera diperlengkapi radar yang lebih modern.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (WKSAU), Marsdya Andyawan Martono mengatakan, radar baru tersebut untuk menggantikan radar milik TNI AU yang terbilang sudah sangat usang.

“Ada beberapa yang nanti mengganti radar-radar kita yang lama. Radar kita yang lama teknologinya dari 1970-an, 1980-an, kita ganti,” kata Andyawan dalam keterangannya pada Rabu (10/7) seperti dikutip Holopis.com.

Andyawan mengungkapkan, radar yang dipesan dari Perancis dan Ceko itu akan ditempatkan di sejumlah wilayah udara Indonesia yang strategis.

“Cukup banyak nanti, Sorong ada, Jayapura juga ada Tambolaka ada, daerah Sumatera ada, lengkap semuanya,” ungkapnya.

Andywan kembali menjelaskan, radar-radar buatan Thales, Perancis, nantinya ditempatkan di kawasan yang berbeda dengan radar-radar buatan Retia, Ceko.

“Kami ada dua pengadaan dari Thales, satu lagi dari Eropa Timur sehingga nanti kita bagi yang di Eropa Timur di mana dan sebagian dari Eropa (Barat) sehingga nanti semua terkelompok,” jelasnya.

Andywan kemudian menjelaskan, untuk wilayah IKN Nusantara yang kelak menjadi Ibu Kota Negara, akan dilakukan pemasangan secara khusus.

“Penempatannya sudah kita rapatkan, tentunya nanti tidak di IKN-nya, tapi sekitar IKN, sehingga nanti bisa mem-back up wilayah udara di sekitar IKN,” bebernya.

“Kita juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN, tidak hanya radar, tetapi itu ada penugasan pesawat di sana, air defense weapon ada di sana,” tambahnya.

Terkait proses pemasangan radar, Andyawan mengatakan akan berjalan bertahap setelah proses pengadaan dilakukan hampir setahun lalu.

“Kita sudah berkontrak dari tahun kemarin ini proses pengadaan kira kira 18 bulan setelah kontrak setelah itu baru datang satu per satu,” tuntasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

KSAL Bahas Peningkatan Kerja Sama Militer dengan Dubes India

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Muhammad Ali melakukan pertemuan dengan Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste Sandeep Chakravorty.

TNI Gagalkan Penyelundupan Ganja Seberat 200 Gram di Wilayah Perbatasan Papua

TNI melalui Satuan Tugas pengamanan perbatasan Batalyon infanteri 122/Tombak Sakti mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis ganja.

Satgas Habema dan Warga Kalibuk Meriahkan Lomba Rangkaian HUT RI

Satuan Tugas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad, yang tergabung dalam Komando Operasi HABEMA di Papua, melaksanakan pengamanan di Kampung Kalibuk, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada hari Sabtu (24/8).

TNI AL Amankan Pekerja Migran yang Bakal Diselundupkan ke Malaysia

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) kembali menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran ilegal.