• Berita Foto

Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam Cenderawasih dan Kementan Bagikan Alat Tani

HOLOPIS.COM, PAPUA – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman beserta rombongan dalam rangka penanaman perdana dan optimalisasi lahan sawah seluas 40.000 Ha.

Agenda ini merupakan bagian dari wujud keseriusan TNI untuk mendukung program ketahanan Pangan Nasional.

Dalam kesempatan itu, Kodam Cenderawasih dan Kementerian Pertanian juga menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani.

“Penyerahan alat dan mesin pertanian kepada kelompok tani ini dalam rangka program ketahanan Pangan Nasional,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M dalam keterangannya di Kampung Nggutibob, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Rabu (29/5) seperti dikutip Holopis.com.

- Advertisement -

Menanggapi hal ini Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyampaikan terima kasih karena program tersebut dapat terealisasi dan mendapat bantuan Alsintan.

“Khususnya kepada Pangdam yang selalu memberikan dukungan atas program ini,” kata Romanus.

Sementara itu Mentan RI Andi Amran juga mengatakan pihaknya mempercayakan kepada Pangdam XVII/Cen dan Forkopimda untuk mengendalikan agar satu Komando dalam pelaksanaannya.

“Mari kita awali 40.000 Ha setelah itu 1 jt Ha sehingga mimpi besar terwujud,” ucap Andi Amran.

Merespons hal ini, Pangdam XVII/Cen menjelaskan bahwa dalam mendukung ketahanan pangan Yonif 757/GV menjadi prototipe atau contoh model dalam produksi lahan yang telah disiapkan dalam mendujung program tersebut, yaitu ; Kompi Pengelolaan lahan, Kompi benih, Kompi penanaman, Kompi pengendalian hama dan penyakit, Kompi pengendalian air dan pemeliharaan tanaman, Kompi Pasca Panen dan Kompi pemeliharaan Alsintan.

“Semua ini kita siapkan, Yonif 757 sebagai prototipe dan terus kita sempurnakan,” tegas Mayjen TNI Izak.

Turut hadir, Bapak Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin (Asisten Khusus Menhan Bid. Manajemen Pertahanan), Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana (Asisten Khusus Menhan Bid. Ketahanan Pangan), Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T., I.P.M (Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan), Brigjen TNI Achmad Fauzi, S.I.P,.M.M (Kapoksahli Kodam XVII/Cenderawasih), Danrem 174/ATW Brigjen TNI Wempi Ramandei, para PJU Kodam XVII/Cen dan Korem 174/ATW dan Unsur Forkopimda Prov. Papua Selatan dan Kab. Merauke. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Puskod Baranahan Kemhan Serahkan Sertifikat NCAGE

Direktur National Codification Bureau (NCB) Indonesia, Brigien TNI Abu Hanifah Nur MA menyerahkan Sertifikat Nato Commercial And Government Entity (NCAGE), Kamis (11/7).

Kabaranahan Kemhan dan Puluhan Perwira Tinggi TNI Naik Pangkat

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin langsung acara laporan Korps kenaikan pangkat 22 Perwira Tinggi (Pati) TNI.

Demo GEBRAK Menolak TAPERA dengan 5 Tuntutan

Serikat buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh bersama Rakyat (Gebrak), menggelar aksi demo menolak Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS