Mendagri Garansi ASN Netral di Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penegasan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai Kesiapan Pilkada Serentak 2024 untuk wilayah Sumatera. Pasalnya, netralitas ASN diatur dalam Undang-Undang Pilkada, peraturan Kemenpan RB, KASN, dan lembaga terkait lainnya.

“Netralitas ASN sudah ada aturan di dalam Undang-Undang Pilkada dan juga diatur Kemenpan RB dan KASN serta lembaga lainnya,” ujar Tito di Medan, Sumut, Selasa (9/7) seperti dikutip Holopis.com.

Tito menjelaskan bahwa ASN harus menjaga netralitas mereka dalam pesta demokrasi ini karena ada sanksi tegas bagi yang melanggar.

“Jika ada dugaan pelanggaran netralitas ASN mekanisme nya sama, yang pertama Bawaslu akan melakukan investigasi, bisa melakukan mediasi dan bisa juga dilanjutkan proses pidana dan sanksi yang lainnya,” tutur dia.

Untuk memastikan netralitas ASN, Tito menyebutkan bahwa pihaknya akan mengaktifkan aparat pengawas internal pemerintah (APIP). Langkah ini diambil guna memaksimalkan pengawasan terhadap netralitas ASN.

Dalam kesempatan yang sama, Tito juga menekankan pentingnya peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2024. Semakin tinggi partisipasi pemilih, semakin kuat legitimasi hasil Pilkada Serentak 2024.

Oleh karena itu, ia mendorong Pemda untuk berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Tito juga mencatat bahwa data DP4 ini akan berbeda dengan data Pemilu 14 Februari karena ada warga yang akan mencapai usia 17 tahun antara tanggal tersebut hingga 27 November, sehingga mereka berhak memilih.

“Kalau ada dugaan pelanggaran netralitas ASN akan kita tindak lanjuti,” ucap dia

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

PKB Belum Solid Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

PKB hingga saat ini masih galau untuk memutuskan apakah mereka akan mendukung Anies Baswedan di Pilkada 2024.

PKB Tawarkan Cawagub yang Lebih Baik dari Sohibul Iman

PKB sampai dengan saat ini belum menerima kehadiran Sohibul Iman untuk menjadi pendamping Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Partai Nasdem Sebut Anies dan Kaesang Beda Arah di Pilkada

Partai Nasdem mengklaim nama Anies Baswedan tidak bakal bersanding dengan Kaesang Pangarep di ajang kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Partai Gerindra Pertimbangkan Duet Luthfi-Kaesang di Pilkada Jateng

Partai Gerindra segera mempersiapkan nama calon wakil gubernur yang bakal mendampingi Irjen Ahmad Luthfi di Pilkada Jateng, termasuk nama Kaesang Pangarep.

Anies Baswedan Masih Pertimbangkan Ganti Sohibul Iman

Anies Baswedan memastikan masih akan melakukan pembahasan dengan partai politik pengusungnya untuk nama calon wakil gubernur.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

BNPB Tetapkan 30 Daerah di Jateng Siaga Kekeringan dan Karhutla

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan sebanyak 30 daerah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebagai daerah yang berstatus siaga bencana kekeringan.