NewsPolhukamBos Cedes Cium Aroma Politik Praktis di Balik Angket Haji di DPR

Bos Cedes Cium Aroma Politik Praktis di Balik Angket Haji di DPR

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Center for Economic and Democracy Studies (Cedes) Zaenul Ula mencium aroma politik yang sangat kental mewarnai putusan Rapat Paripurna Pengesahan Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji, Selasa, 9 Juli 2024 kemarin.

Setidaknya, kata dia, ada dua indikator untuk bisa sampai pada simpulan tersebut. Pertama, proses pelaksanaan Ibadah Haji 2024 secara resmi baru selesai pada 23 Juli 2024 mendatang (kepulangan jemaah terakhir ke Tanah Air).

“Evaluasi dan kritik terhadap pelaksanaan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah seperti pelaksanaan ibadah haji itu boleh-boleh saja, apalagi untuk perbaikan, sangat baik. Tapi tetap harus dengan cara yang baik dan benar juga prosesnya,” ujar Zaenul Ula dalam keterangan persnya yang diterima Holopis.com, Rabu (10/7).

Zaenul melihat seperti ada “udang di balik batu” dari proses terbentuknya Pansus Angket Haji 2024 ini. Sebab, prosedur pembentukannya terkesan buru-buru. Seperti mengejar waktu. Sangat terlihat, bagi awam sekalipun. Padahal, proses pelaksanaan haji yang mau dievaluasi tersebut belum selesai.

“Saya dengar proses pengusulan tidak memenuhi perayaratan perundang-undangan terkait jumlah pengusul dan tidak melalui Bamus (Badan Perumus), serta pandangan fraksi-fraksi,” ungkapnya.

Kedua, lanjut dia, ada rivalitas kelompok yang mencoba memanfaatkan institusi DPR untuk melakukan tekanan kepada Kementerian Agama saat ini.

“Saya menduga, ini masih ada kaitannya dengan rivalitas dan dukung-mendukung di momen Pilpres 2024, yang berlanjut hingga sekarang,” ujarnya.

Untuk itu, dia berharap, kekuatan politik di parlemen jangan terpancing untuk ikut dalam tarik-menarik kepentingan politik antar-kelompok tersebut.

“Ini tidak baik untuk pembelajaran politik ke publik. Karena pembentukan Pansus Angket harusnya didasarkan kepada urgensi, bukan kepentingan politik sesaat,” tandasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru

Terpopuler

berita Lainnya
Related

Densus 88 Tangkap Teroris YLK di Gorontalo, Suka Ganti Identitas Demi Kelabuhi Aparat

Detasemen Khusus 88 Anti Teror (Densus 88) Mabes Polri telah melakukan penangkapan terhadap seorang jaringan teroris berinisial YLK alias IS alias AT alias MAL alias AH di desa Monglato, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

SEMMI Jakarta Ajak Warga Sambut Kedatangan Paus Fransiskus Seperti Ulama Besar Umat Islam

Ketua Umum Pengurus Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Jakarta Raya, Febriansyah Putra mendukung dan mengapresiasi kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dalam rangkaian agenda kunjungannya di Benua Asia.

Jokowi Yakin Prabowo Jalankan Program Kerakyatan Warisannya

Presiden Joko Widodo menyatakan rasa hormat kepada Prabowo Subianto, apalagi ia yakin bahwa penggantinya itu akan melanjutkan program-program kerakyatan yang telah ia wariskan selama memimpin Indonesia 10 tahun terakhir.

PB SEMMI Sambut Positif Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Hukum dan HAM PB...