BerandaHistoryHari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Hari Pustakawan Nasional menjadi sebuah penghargaan kepada para pustakawan yang telah memberikan kontribusi besar dalam bidang perpustakaan dan literasi masyarakat di Tanah Air.

Sejarah peringatan ini bermula dari Kongres Pustakawan Indonesia yang diadakan pada 5-7 Juli 1973 di Ciawi, Bogor. Dalam kongres tersebut, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) resmi didirikan pada tanggal 7 Juli 1973.

Sejak saat itu, tanggal 7 Juli yang merupakan hari jadi IPI ditetapkan sebagai Hari Pustakawan Nasional untuk merayakan peran pustakawan dalam memajukan literasi dan pendidikan di Indonesia.

Penerbit Iklan Google Adsense

Pustakawan di Indonesia memiliki tugas yang sangat penting, termasuk merencanakan pengadaan buku, mengelola koleksi perpustakaan, memberikan layanan kepada pemustaka, serta mendukung pengembangan literasi digital dan penelitian.

Pustakawan juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman agar tetap relevan dan efektif dalam.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang berdiri pada 17 Mei 1980, juga memiliki peranan penting dalam mendukung peran pustakawan.

Meskipun HUT Perpusnas diperingati setiap tanggal 17 Mei, yang juga dikenal sebagai Hari Buku Nasional, Hari Pustakawan tetap memiliki tempat khusus tersendiri dalam kalender nasional sebagai momen penghargaan terhadap profesi pustakawan

Dalam rangka Hari Pustakawan Nasional, sering kali diadakan berbagai kegiatan seperti seminar, lokakarya, dan diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pustakawan di seluruh Indonesia.

Peringatan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mengenang dan menghargai kontribusi para pustakawan dalam mendukung pendidikan dan peningkatan literasi di Indonesia.

Dengan adanya Hari Pustakawan Nasional, diharapkan masyarakat semakin menyadari pentingnya peran pustakawan dan perpustakaan dalam kehidupan sehari-hari, serta mendukung upaya-upaya peningkatan literasi dan akses informasi di Indonesia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat...

Sejarah Hari Revolusi Prancis : Peristiwa Penting dalam Perjalanan Demokrasi Modern

Setiap tanggal 14 Juli, Prancis merayakan Hari Revolusi Prancis, suatu peristiwa bersejarah yang menandai titik balik dalam sejarah bangsa tersebut dan mempengaruhi perkembangan politik dan sosial di seluruh dunia.

Selamat Hari Populasi Sedunia : Ini Makna dan Sejarahnya

Hari Populasi Dunia atau World Population Day diperingati pada 11 Juli di setiap tahunnya.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS