BerandaNewsKesehatanTernyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

Ternyata Ini Manfaat Sayur Bayam, Salah Satunya Cegah Anemia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bayam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni dipercaya bisa mencegah anemia.

Sebelumnya diketahui, bayam memiliki banyak kandungan di dalamnya, mulai dari mineral, kalium, zat besi hingga magnesium.

Ada pun kelebihan dari sayur bayam, bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari bayi hingga lansia.

Berikut ini nutrisi hingga manfaat bayam bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

Penerbit Iklan Google Adsense

Bayam dikenal sebagai sayuran rendah kalori. Selain itu, di dalam 100 gram bayam, terkandung 23 kalori dan nutrisi-nutrisi berikut ini:

  • 3,5 gram karbohidrat
  • 3 gram protein
  • 460 miligram kalium
  • 71 miligram magnesium
  • 2,4 miligram zat besi
  • 2 gram serat

Bayam juga kaya akan beragam vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, hingga vitamin K, serta mengandung beragam jenis antioksidan, seperti lutein, karotenoid, dan zeaxanthin.

Manfaat Mengonsumsi Bayam

  1. Bisa Atasi Peradangan di Dalam Tubuh

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bisa melawan radikal bebas penyebab peradangan di dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi bayam secara rutin bisa mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan, seperti salah satunya diabetes.

  1. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bayam dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh berasal dari berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Beragam nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda tidak mudah terserang penyakit.

  1. Bisa Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami lemas, mudah lelah, hingga sakit kepala.

Untuk mencegah anemia, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, salah satunya bayam. Ketika kebutuhan zat besi tercukupi, maka tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan cukup sehingga anemia dapat dihindari.

  1. Mencegah Osteoporosis

Beberapa kandungan mineral dalam bayam, seperti kalsium dan magnesium, berperan dalam pembentukan tulang. Mineral-mineral tersebut baik untuk memelihara struktur tulang dan menjaga agar tulang tetap kuat. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  1. Bisa Mengontrol Gula Darah

Kandungan antioksidan di dalam bayam diduga dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, sayuran yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi...

Minum Madu Tiap Hari Biar Sehat! Gak Percaya?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mengingat madu merupakan pemanis alami yang mengandung zat yang bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri. Madu...

Manfaat Luar Biasa Ikan Salmon, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Siapa sih yang tidak suka ikan salmon? Ikan yang sedikit lebih mahal dibandingkan ikan lainnya ini memang memiliki manfaat kesehatan yang...

Awasi Konsumsi Gula Harian Kamu

Gula, si pemanis yang menggoda, sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ditambahkan dalam teh, kopi, makanan, dan camilan, gula memang memberikan rasa lezat yang disukai banyak orang.

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS