BerandaDaerahJabarTindak Kekerasan Perempuan Dan Anak Kerap Terjadi di Kabupaten Bekasi 

Tindak Kekerasan Perempuan Dan Anak Kerap Terjadi di Kabupaten Bekasi 

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tindak kekerasan dan asusila pada perempuan dan anak masih kerap terjadi di Kabupaten Bekasi. Bahkan tahun ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) mencatat ada sedikitnya 150 kasus menimpa perempuan dan anak dari bulan Januari sampai dengan Juni 2024.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kabupaten Bekasi, Fahrul Fauzi, mengatakan bahwa ada 150 kasus terjadi pada perempuan dan anak. Dari 18 jenis kasus, menurutnya kasus KDRT itu tertinggi dan mendominasi dengan temuan sekitar 29 kasus.

“Kasus KDRT didominasi karena faktor ekonomi. Selain itu untuk kasus KDRT faktor perselingkuhan juga menjadi penyebab terjadinya KDRT. Ada juga faktor pernikahan anak usia di bawah umur,” terang Fahrul Fauzi Selasa (2/7) seperti dikutip Holopis.com.

Diketahui dari 150 kasus yang tercatat, sebanyak 90 kasus menimpa anak-anak dan 60 kasus lainnya perempuan. Selanjutnya, angka kasus kekerasan juga meningkat pada jenis pelecehan seksual yang mencapai 28 kasus.

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurutnya, ada tiga faktor utama yang membuat tingginya anak korban pelecehan seksual di Kabupaten Bekasi.

“Kurangnya pengawasan orangtua, kondisi ekonomi dan lingkungan jadi faktor tingginya anak menjadi korban pelecehan,”imbuhnya.

Dan selain itu juga terdapat beberapa faktor pelaku melakukan pelecehan seksual, di antaranya pernah menjadi korban kekerasan seksual sebelumnya, dipengaruhi lingkungan, perilaku impulsif dan kontrol diri yang rendah. Kurangnya kedekatan hingga penanaman moral dan nilai-nilai dari keluarga.

“Dan sedangkan kekerasan terhadap perempuan juga terjadi karena rendahnya kesadaran hukum, ekonomi yang rendah, perselingkuhan dan pernikahan anak di bawah umur,” tambahnya.

Fahrul menjelaskan untuk menekan meningkatnya kasus itu, pihaknya tengah berupaya melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama melakukan perlindungan dan pencegahan.

“Saya berharap organisasi perempuan dapat ikut berpartisipasi dalam membantu merawat dan mengobati mereka yang menjadi korban kekerasan dan kejahatan seksual bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris
BERITA LAINNYA

Buruh Gelar Aksi di Kantor Bupati Bekasi Bawa Lima Tuntutan

Sejumlah buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bekasi Melawan (BBM) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Bekasi pada Kamis, 4 Juli 2024.

Cuaca Jabar Hari Ini Diprediksi Turun Hujan, Cek Potensi Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Kamis 4 Juli 2024.

Cek Prakiraan Cuaca Jabar Hari Ini, Ada Potensi Turun Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Bekasi Tampilkan Busana China di Pekan Kesenian Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) menggelar perhelatan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) Tahun 2024 bertempat di Ballroom Trans Luxury Hotel.

Cuaca Jabar Berpotensi Turun Hujan Petir Hari Ini, Cek Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Remaja Di Bekasi Jadi Korban Geng Motor

HOLOPIS.COM, BEKASI - Remaja di Bekasi jadi korban pembacokan Kelompok gang motor di Jl. Raya Sukarapih Desa Sukarapih Kecamatan Tambelang,pada sabtu dini hari (29/06). Korban...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS