BerandaDaerahKalimantanEnergize Berhasil, Warga SP08 dan 09 Tanjung Buka Akhirnya Nikmati Listrik PLN...

Energize Berhasil, Warga SP08 dan 09 Tanjung Buka Akhirnya Nikmati Listrik PLN 24 Jam

HOLOPIS.COM, BULUNGAN – Penantian 14 tahun warga Satuan Pemukiman alias SP 08 dan 09 untuk menikmati listrik 24 jam akan segera terwujud. Hal ini setelah PLN melakukan energize jaringan listrik Desa Tanjung Buka yang ada di Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Rabu (3/7) tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Utara, Burhanuddin yang hadir pada simbolis penyalaan listrik di SP08 mengapresiasi apa yang dilakukan PLN untuk mendukung pembangunan daerah terutama penyediaan infrastruktur kelistrikan di kawasan satuan pemukiman yang berada di Desa Tanjung Buka.

“Terima kasih PLN sudah membantu Pemerintah Daerah mewujudkan penerangan  listrik masyarakat di SP 08 & SP 09. Tidak salah PLN membangun jaringan listrik di sini dan kami berharap ke depannya masyarakat desa dapat lebih produktif dengan kehadiran listrik di tengah-tengah masyarakat,” kata Burhanuddin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com

Burhanuddin juga menjelaskan, Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan mengucapkan terima kasih atas dukungan PLN, sehingga desa Tanjung Buka teraliri listrik dan Satuan Pemukiman telah terang. 

Penerbit Iklan Google Adsense

“Dari gelap terbitlah terang, selamat warga Tanjung Buka, khususnya di SP08 & SP09,” ujarnya.

Terpisah, General Manager PLN UID Kaltimra Agung Murdifi menjelaskan bahwa energize jaringan listrik ini merupakan bentuk nyata dukungan PLN untuk menghadirkan pemerataan energi dalam hal ini energi listrik bagi masyarakat pedesaan agar bisa menikmati kualitas listrik yang sama seperti warga di perkotaan. 

“Tahun 2023 direncanakan Pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM)  299,23 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 226,4 kms dan Gardu  Distribusi 4.900 kVA untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Secara keseluruhan, hingga Juli 2024 PLN melalui PLN UP2K Kaltara telah berhasil melistriki 81 desa di provinsi Kalimantan Utara dengan rasio desa PLN sebesar 75,52 % dan rasio elektrifikasi sebesar 98,22 %,” tutur Agung.

Agung kemudian menerangkan PLN harus membangun jaringan sepanjang 9,63 kms dengan total kapasitas daya 350 kVA untuk menjangkau lokasi SP 08 dan SP 09. 

“Ada beberapa kendala dan tantangan yang dihadapi teman teman di lapangan untuk melistriki dua lokasi yang mempunyai potensi pelanggan sekitar 273 kepala keluarga tersebut, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat teman teman di lapangan untuk  menghadirkan terang  bagi warga SP 08 dan 09,” jelasnya. 

Agung berharap hadirnya listrik dapat membawa dampak signifikan bagi perekembangan desa berbagai Sektor Kehidupan. 

“Kami berharap hadirnya listrik ini dapat memacu laju roda perekonomian di Desa ini serta menjadi stimulus dalam meningkatkan mutu Pendidikan, Kesehatan , serta sektor kehidupan lainnya di SP 08 dan 09,” tambahnya. 

Nuraini salah satu perwakilan warga SP 08 yang rumahnya menjadi simbolis penyalaan menyampaikan kegembiraannya dengan hadirnya listrik PLN. 

“Kami sudah lama menanti listrik PLN sebelumnya kami menggunakan genset pribadi yang nyala hanya 6 jam dan perlu biaya sehari sebesar 28 ribu rupiah untuk membeli bensin jadi sebulan kami harus membayar 840 ribu untuk menyalakan genset, syukur Alhamdulillah hari ini rumah kami akhirnya disambung dan menyala, sehingga kami bisa menyimpan makanan di kulkas dan anak-anak kami juga bisa belajar pada malam hari, terima kasih PLN,” ungkapnya tersenyum lebar. 

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris
BERITA LAINNYA

Cabuli Gadis 16 Tahun, Pria Paruh Baya Ditangkap Polsek Kota Bangun

HOLOPIS.COM, KUTAI KARTANEGARA - Hal tidak senonoh di alami gadis berusia 16 tahun di Kecamatan Kota Bangun, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang dilakukan...

Satreskoba Polres Kukar Ringkus 3 Pelaku Jaringan Peredaran Sabu

Satuan Reserse Narkoba Polres Kutai Kartanegara berhasil menangkap 3 pelaku peredaran narkoba jenis sabu-sabu, dalam rangkaian Operasi Antik Mahakam 2024.

KPI Balikpapan Buat Program Karindangan, Ini Maksudnya

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan program kelestarian lingkungan.

Tim Gegana Kaltim Sterilisasi Lokasi Penghitungan Ulang Surat Suara Legislatif Kalimantan Timur

Personil Detasemen Gegana Subden Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob  Polda Kaltim melakukan giat sterilisasi dan pemasangan secdoor dalam rangka perhitungan ulang surat suara dan rekapitulasi perolehan suara oleh KPUD Kota Samarinda.

Layani Konsumen Tegangan Tinggi, PLN UIP KLT Garap Pembangunan GI dan SUTT 150kV Tempadung

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) melalui Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Timur 1 (UPP KLT 1) mulai lakukan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikannya.

OIKN dan Komisi VII DPR Tinjau Progres Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan Jelang Upacara 17-an

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersama Komisi VII DPR melakukan peninjauan progres pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan serta mengevaluasi kesiapan pelaksanaan Upacara menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia di Kawasan Nusantara.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS