BerandaNewsPolhukamPolda Jabar Tolak Semua Dalil Gugatan Pegi Setiawan di PN Bandung

Polda Jabar Tolak Semua Dalil Gugatan Pegi Setiawan di PN Bandung

HOLOPIS.COM, JAWA BARAT – Sidang praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan yang diduga sebagai Pegi Perong kembali dilanjutkan. Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan jawaban dari Polda Jabar terkait penetapan Pegi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan M. Rizky (Eky) di Cirebon pada tahun 2016.

Di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Tim Hukum Polda Jabar menolak seluruh dalil gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan. Polda memastikan bahwa seluruh proses penetapan tersangka terhadap Pegi telah dilakukan sesuai prosedur penyelidikan yang berlaku.

“Bahwa termohon menolak dengan tegas seluruh dalil-dalil yang disampaikan oleh pemohon dalam permohonan praperadilan, kecuali terhadap apa yang termohon akui kebenarannya,” kata tim hukum yang dikomandoi oleh Kabidkum Polda Jabar Kombes Nurhadi saat membacakan jawaban atas gugatan praperadilan Pegi Setiawan, Selasa (2/7) seperti dikutip Holopis.com.

Kemudian, Tim Hukum Polda Jabar menyatakan bahwa gugatan praperadilan Pegi Setiawan telah memasuki materi pokok perkara. Beberapa poin yang disampaikan Pegi dalam praperadilan tersebut sudah memenuhi aspek formil proses penyidikan perkara.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Yaitu, apakah ada paling sedikit dua alat bukti yang sah dan tidak memasuki materi perkara. Sehingga terhadap permohonan praperadilan adalah hanya memeriksa dan menilai aspek formal terhadap penetapan tersangka yang dilakukan oleh pemohon,” ungkapnya.

“Penetapan tersangka terhadap Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina dan Rizky di Cirebon pada 2016, sudah sesuai dengan alat bukti yang sah. Penyidik mengeluarkan surat tugas tanggal 19 Mei 2024 dan surat perintah penyidikan lanjutan tanggal 27 Mei 2024,” tambahnya.

Selain itu, Tim Hukum Polda Jabar juga menyatakan bahwa penyidik telah melakukan penyelidikan kasus tersebut dengan melakukan gelar perkara. Penyidik telah mendapatkan dua alat bukti yang membuat sahnya penetapan Pegi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina di Cirebon.

“Termohon telah melakukan penangkapan pada Selasa, 21 Mei 2024. Setelah ditangkap, termohon langsung melakukan pemeriksaan terhadap Pegi dengan status sebagai tersangka berdasarkan Pasal 80 ayat 1 juncto Pasal 81 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan UU RI Nomor 34 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dan atau Pasal 340 dan atau Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP,” jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, sidang praperadilan Pegi Setiawan masih berlanjut. Tim Hukum Polda Jabar masih membacakan jawaban atas gugatan yang diajukan oleh tim hukum Pegi yang meminta status tersangkanya dibatalkan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Lintas Ormas Desak Polisi Tindak Said Didu Diduga Diduga Picu Kebencian Warga Tangerang

Perwakilan aliansi ormas memprotes keras pernyataan Muhammad Said Didu yang beredar di sosial media (Sosmed) pada beberapa waktu ini terkait dengan pembangunan kawasan di Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2) yang ada di kawasan Kabupaten Tangerang, Banten.

Heboh Donald Trump Ditembak Saat Kampanye, Mengapa Tragedi Politik Serupa Sering Terjadi?

Tertembaknya Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di bagian kuping saat sedang kampanye langsung membuat terkejut banyak pihak.

Prabowo Tekankan Profesi TNI-Polri Butuh Pengorbanan Besar

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengingatkan para anggota TNI dan Polri untuk selalu ikhlas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Prabowo : Untuk Apa Pembangunan Kalau Negara Tidak Utuh dan Terlindungi

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya perlindungan bagi masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek.

Prabowo Beri Pembekalan 906 Calon Perwira Remaja TNI-Polri 2024

Sebanyak 906 calon perwira remaja TNI-Polri 2024 di Jakarta, mendapatkan pembekalan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pahala Nainggolan Daftar Capim KPK Periode 2024 – 2029

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan ternyata ikut mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan (capim) komisi antirasuah periode...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS