BerandaNewsKesehatanMengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

Mengenali Gejala Tuberkulosis (TBC): Pentingnya Deteksi Dini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang organ tubuh mana pun, tetapi biasanya mengenai paru-paru.

Di Indonesia, Kementrian Kesehatan melaporkan ada sekitar 1 juta kasus baru per tahun terdeteksi di Indonesia. Karena itu, sosialisasi terhadap pencegahan perlu dilakukan lebih meluas lagi.

Mengenali gejala TBC adalah langkah penting untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa gejala utama yang perlu diwaspadai.

1. Batuk yang Berkepanjangan

Penerbit Iklan Google Adsense

Batuk yang tidak kunjung sembuh atau berlangsung lebih dari 2 minggu adalah salah satu gejala utama TBC. Batuk ini mungkin disertai dengan dahak yang berdarah atau berwarna kuning kehijauan.

2. Demam dan Menggigil

Demam yang tidak terkait dengan penyakit lain, seperti flu biasa, dapat menjadi gejala TBC. Demam biasanya lebih tinggi pada malam hari dan bisa disertai menggigil.

3. Berkeringat di Malam Hari

Berkeringat berlebihan, terutama di malam hari, sering kali menjadi gejala TBC. Penderita mungkin merasa basah kuyup bahkan dalam ruangan ber-AC.

4. Kehilangan Nafsu Makan dan Penurunan Berat Badan

Kehilangan nafsu makan yang signifikan dan penurunan berat badan yang tidak disengaja adalah gejala umum TBC. Ini disebabkan oleh infeksi yang mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

5. Kelelahan yang Berkepanjangan

Kelelahan yang ekstrem dan berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu bisa menjadi tanda adanya TBC. Penderita sering kali merasa lemas dan tidak bertenaga.

6. Nyeri Dada

Nyeri atau sensasi tertekan di dada sering kali terjadi ketika TBC menyerang paru-paru. Nyeri ini bisa menjadi lebih buruk saat batuk atau bernapas dalam-dalam.

7. Sesak Napas dan Ketidaknyamanan pada Napas

Sesak napas atau sulit bernapas juga dapat terjadi sebagai gejala TBC yang parah, terutama jika infeksi paru-paru sudah mencapai tingkat yang lebih lanjut.

Mengenali gejala TBC adalah langkah awal yang penting untuk menghindari komplikasi yang lebih serius. Jika Sobat Holopis atau seseorang di sekitar mengalami gejala yang mencurigakan, segera berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk evaluasi lebih lanjut dan pengujian yang tepat. Semakin dini TBC didiagnosis dan diobati, semakin besar kemungkinan kesembuhan dan pengendalian penyakit ini.

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris
BERITA LAINNYA

Waspada! Ciri-Ciri Orang dengan Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar gula darah tinggi, atau hiperglikemia, merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah.

Mengenali Gejala HIV: Tanda-tanda Awal yang Perlu Diketahui

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, secara khusus sel-sel CD4 yang penting untuk melawan infeksi.

Cara Mencegah TBC : Langkah-langkah yang Penting Diikuti

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Saat ini Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah beban kasus TBC terbanyak di dunia setelah India, dan diikuti oleh China.

Cara Paling Ampuh Atasi Batuk pada Anak, Cobain deh!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Batuk memang bukan rahasia umum lagi kerap diderita oleh anak-anak. Namun sobat Holopis tak perlu khawatir, ada beragam cara untuk mengatasi...

Yuk Minum Air Hangat! Banyak Manfaatnya loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ternyata mengonsumsi air hangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni bisa meredakan gejala flu. Namun yang pasti, manfaat dari meminum...

Manfaat Kacang Polong, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kacang polong merupakan salah satu makanan yang bisa dijadikan jenis makanan apapun, mulai dijadikan sebagai camilan hingga olahan masakan. Selain lezat dikonsumsi,...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS