BerandaNewsEkobizBPS Ungkap Pemicu Deflasi Dua Kali Beruntun

BPS Ungkap Pemicu Deflasi Dua Kali Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada Juni 2024 kembali mengalami deflasi, dengan besaran 0,08 persen. Angka deflasi ini tercatat lebih dalam jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,03 persen.

Plt Sekretaris Utama BPS, Imam Machdi mengatakan, penyumbang utama deflasi pada Juni 2024 ini masih sama seperti bulan sebelumnya, yakni berasal dari kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Ia mengatakan, kelompok tersebut mengalami deflasi sebesar 0,49 persen, dengan andil deflasi sebesar 0,14 persen terhadap deflasi secara keseluruhan pada bulan Juni ini.

“Komoditas penyumbang utama deflasi adalah bawang merah dengan andil 0,09 persen, tomat dengan andil 0,07 persen, serta daging ayam ras dengan andil deflasi 0,05 persen,” terang Imam dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Senin (1/7).

Penerbit Iklan Google Adsense

Lebih lanjut, Imam juga menyampaikan, bahwa deflasi tak hanya terjadi secara nasional saja. Secara wilayah, sebanyak 26 dari 38 provinsi Indonesia juga mengalami deflasi. Sedangkan 12 provinsi lainnya mengalami inflasi.

“Deflasi terdalam berada di Papua Selatan yakni sebesar 1,11 persen. Sementara inflasi tertinggi terjadi di Papua Pegunungan sebesar 2,11 persen,” ujarnya.

Adapun dengan perkembangan tersebut, BPS mencatat tingkat inflasi secara tahunan atau year on year (yoy) semakin menyusut, dari yang semula di angka 2,84 persen menjadi 2,51 persen di Juni 2024.

Kemudian secara tahun kalender (year to date/ytd), atau sejak awal tahun 2024 hingga Juni 2024, tingkat inflasi mencapai 1,07 persen. Angka ini tercatat lebih rendah dari posisi Mei lalu yang sebesar 1,16 persen.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Harga Emas Antam Kamis 18 Juli 2024 Naik, Saatnya Tarik Cuan

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi Naik Nih, Yuk Cek Rinciannya

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Kenyang Pullback, IHSG Diramal Bergerak Mendatar Hari Ini

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (18/7) diperkirakan bakal bergerak mendatar, setelah beberapa hari mengalami pullback.

Bos Pupuk Indonesia Akui Penyaluran Pupuk Subsidi Terlalu Ruwet

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi menyoroti tata kelola penyaluran pupuk subsidi, yang dinilainya terlalu rumit dengan banyaknya regulasi yang mengikat.

Mendag Klaim Kinerja Ekspor Lemah Imbas Penurunan Harga Komoditas Global

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, pelemahan ekspor Indonesia yang terjadi pada periode Juni 2024 salah satunya disebabkan oleh penurunan harga komoditas secara global.

Bos BI Pede Ekonomi RI di 2024 Mampu Tumbuh hingga 5,5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini ekonomi Indonesia di tahun 2024 ini mampu mencatatkan pertumbuhan di rentang angka 4,7 hingga...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS