BerandaPolhukamPilkadaSurvei LSI : Nama Kaesang, Ahmad Luthfi, hingga Sudaryono Masuk Bursa Pilgub...

Survei LSI : Nama Kaesang, Ahmad Luthfi, hingga Sudaryono Masuk Bursa Pilgub Jateng 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Survei Indonesia (LSI)  melaporkan hasil surveinya terkait dinamika politik di Jawa Tengah (Jateng) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Dalam surveinya, lembaga survei yang dinakhodai Djajadi Hanan itu mendapati sejumlah nama masuk dalam

daftar kandidat kuat untuk bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2024. 

Adapun nama-nama tersebut diantaranya anak Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep; Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi, Raffi Ahmad, hingga mantan Ajudan Prabowo Subianto, Sudaryono.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Yang sementara unggul adalah nama Kaesang Pangarep, disusul oleh Ahmad Luthfi, lalu nama berikutnya Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Bambang Wuryanto Pacul, Sudaryono, Hendar Prihadi mantan Wali Kota Semarang,” ujar Djayadi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (30/6).

Adapun secara rinci, Kaesang Pangarep menduduki peringkat pertama dengan perolehan 25,6 persen, disusul Ahmad Luthfi 16,3 persen. Untuk posisi ketiga Taj Yasin Maimoen, yakni 13,4 persen.

Selanjutnya, ada nama Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang memperoleh 9,7 persen, Abdul Wachid 6,2 persen, dan Sudaryono memperoleh 6 persen. 

Meski begitu, Djayadi menegaskan bahwa peta pertarungan di Pilgub Jateng 2024 masih sangat terbuka. 

“Peta kompetisi pemilihan gubernur Jawa Tengah berdasarkan temuan survei ini tampak masih cair. Semua kandidat masih berpeluang untuk saling mengungguli,” ujarnya. 

Djayadi menyebut, masih ada banyak faktor yang akan muncul mewarnai dinamika politik di Jateng, menjelang Pilgub Jateng 2024, termasuk faktor Jokowi effect.

“Selain faktor popularitas calon, faktor Jokowi effect, melalui tingkat kepuasan kepada presiden dapat berpengaruh,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, survei LSI kali ini dilakukan pada 21-26 Juni 2024 dengan mewawancarai 1.200 responden. Wawancara dilakukan melalui sambungan telepon.

Adapun margin of error dalam survei ini kurang lebih sebesar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Cak Imin Tak Sudi Dukung Pasangan Anies-Sohibul

Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin menanggapi keputusan PKS untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta.

PKS Ngotot Parpol Koalisi Harus Terima Pasangan Anies-Sohibul

Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Ahmad Syaikhu bersikeras akan tetap mempertahankan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta.

PKB Masih Ragu Sohibul Iman Sosok Cawagub baik

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum bisa menerima kehadiran Sohibul Iman untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Kapolri Janji Amankan Pilkada 2024

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk mengamankan Pilkada 2024 dengan sebaik mungkin. Saat ini pun, pihaknya tengah melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah untuk periode 2024 - 2029 tersebut.

Heru Budi Tahu Diri, Tak Becus Berpolitik

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merasa tahu diri bahwa ia tidak memiliki kapasitas baik dalam kaitannya sebagai politisi. Hal ini menjawab respons publik tentang namanya yang digadang-gadang masuk dalam bursa Pilgub DKI Jakarta 2024.

Habib Syakur Harap Pilkada 2024 Lancar Seperti Pilpres

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid berharap agar semua instansi negara baik TNI, Polri maupun lembaga intelijen negara bisa saling bersinergi dalam melancarkan Pilkada 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS