BerandaNewsRagamPaspor Indonesia Bakal Punya Desain Baru, Cek Bocorannya

Paspor Indonesia Bakal Punya Desain Baru, Cek Bocorannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), Silmy Karim mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah mempersiapkan desain baru untuk buku paspor Indonesia, termasuk juga pembaruan warna sampulnya.

Kendati demikian, Silmy tidak menjelaskan secara detail mengenai desain baru untuk paspor yang menjadi pegangan Warga Negara Indonesia ketika berada di luar negeri. Ia mengatakan, perubahan itu akan dirilis pada 17 Agustus 2024 mendatang.

“Ini dipersiapkan desainnya dan rencananya akan kita sampaikan ketika 17 Agustus 2024,” katanya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (30/6).

Paspor Menurut Silmy, perubahan desain dan warna Paspor Indonesia merupakan wujud spirit perbaikan yang dilakukan oleh pihaknya ke arah yang lebih baik.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, Silmy mengaku pihaknya di internal Direktorat Jenderal Imigrasi juga bersemangat untuk memberikan karya terbaik dan paling aman untuk paspor Indonesia. Sebab pada perubahan nantinya, akan sada pula peningkatan pengamanan.

Dia menjelaskan, bahwa aturan internasional menuntut agar keamanan paspor harus diperkuat setiap tiga tahun. Oleh karena itu, salah satu aspek dalam pembaruan kali ini akan lebih kepada keamanannya.

“Misalnya dikasih sinar UV atau dikasih tambahan hologram. Fotonya mungkin dicetak bagaimana, nanti ada detailnya,” pungkas Silmy.

Diketahui, saat ini Paspor RI memiliki sampul berwarna biru muda atau tosca untuk paspor umum. Sementara untuk paspor kedinasan berwarna biru, dan paspor diplomatik bersampul hitam.

Di sampul Paspor RI, tergambar lambang burung Garuda berwarna emas. Per Januari 2020, paspor Indonesia mendapat akses bebas visa dan visa saat kedatangan ke-85 negara dan teritori.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wisuda mahasiswa untuk mencari keuntungan.

Menkes Akui Obat di Indonesia Mahal-mahal, Lima Kali Lipat dari Malaysia

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengakui harga obat yang beredar di Indonesia cenderung mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia, harga obat di Tanah Air lebih mahal hingga 5 (lima) kali lipat.

Kemensos Klaim 28 Ribu Warga Miskin Sudah Mentas

Kementerian Sosial klaim berhasil mencetak 28.775 warga miskin menjadi mandiri dalam program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).

Dua Orang Meninggal Dunia Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Blitar

Bencana longsor melanda pemukiman warga yang ada di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Selasa 2 Juli

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Selasa 2 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Selasa 2 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 2 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS