BerandaPolhukamPilkadaBos LSI Sebut Peta Persaingan di Pilgub Jateng Masih Terbuka Lebar

Bos LSI Sebut Peta Persaingan di Pilgub Jateng Masih Terbuka Lebar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyampaikan, bahwa peta persaingan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024 masih terbuka lebar bagi semua kandidat.

Sebab pada tahun ini, mantan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dipastikan tidak akan maju kembali sebagai Cagub di Pilkada Jateng 2024.

“Di Jawa tengah karena tidak ada incumbent peta politiknya masih cair,” ujar Djajadi dalam paparan surveinya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (30/6).

Meski demikian, survei terbaru LSI pada 21-26 Juni 2024 menemukan sejumlah nama yang saat ini paling populer jelang kontestasi politik tersebut.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Ada empat nama yang bersaing cukup ketat, Kaesang Pangarep, Ahmad Luthfi, Taj Yasin Maimoen dan Bambang Wurianto,” katanya.

LSI kemudian membuat simulasi top of mind mengenai kandidat bakal calon Gubernur Jawa Tengah tanpa memberikan batasan pilihan kepada para responden.

Hasilnya menunjukkan, bahwa Kapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthfi sebagai nama yang paling banyak disebut dengan 5.2 persen. Kemudian Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dengan 2,5 persen.

Selanjutnya, ada Kader Partai Gerindra yang juga mantan ajudan Prabowo Subianto, Sudaryono dengan perolehan 2,1 persen. Kemudian Politisi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dengan 1,8 persen.

Selain nama-nama itu, ada nama Dico Ganinduto, yang merupakan Bupati Kendal dengan perolehan 1,7 persen, dan mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Meimoen dengan 1,5 persen.

Sedangkan kandidat lainnya mendapatkan kurang dari 1 persen pilihan dari responden. Sedangkan 78,7 persen responden lainnya belum menentukan pilihan.

LSI kemudian membuat simulasi semi terbuka dengan memberikan 21 pilihan kepada responden. Hasilnya Kaesang Pangarep paling banyak dipilih 15,9 persen, Irjen. Pol. Ahmad Luthfi 12,9 persen, Abdul Wachid 7,8 persen, Raffi Ahmad 6,8 persen.

Kemudian Bambang Wuryanto 5,8 persen, Sudaryono 4,7 persen, Hendrar Prihadi 4,7 persen, dan nama-nama lainnya mendapatkan kurang dari 4 persen pilihan. Sedangkan 19,5 persen responden belum menentukan pilihan.

“Diantara nama-nama yang cenderung lebih unggul itu belum ada satu pun yang disebut memiliki keunggulan yang cukup dominan sehingga dengan demikian Pilkada Jawa tengah masih cukup terbuka, masih sangat cair,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Cak Imin Tak Sudi Dukung Pasangan Anies-Sohibul

Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin menanggapi keputusan PKS untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta.

PKS Ngotot Parpol Koalisi Harus Terima Pasangan Anies-Sohibul

Presiden PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Ahmad Syaikhu bersikeras akan tetap mempertahankan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman di Pilkada Jakarta.

PKB Masih Ragu Sohibul Iman Sosok Cawagub baik

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum bisa menerima kehadiran Sohibul Iman untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Kapolri Janji Amankan Pilkada 2024

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk mengamankan Pilkada 2024 dengan sebaik mungkin. Saat ini pun, pihaknya tengah melakukan pemetaan potensi kerawanan dalam pesta demokrasi pemilihan kepala daerah untuk periode 2024 - 2029 tersebut.

Heru Budi Tahu Diri, Tak Becus Berpolitik

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merasa tahu diri bahwa ia tidak memiliki kapasitas baik dalam kaitannya sebagai politisi. Hal ini menjawab respons publik tentang namanya yang digadang-gadang masuk dalam bursa Pilgub DKI Jakarta 2024.

Habib Syakur Harap Pilkada 2024 Lancar Seperti Pilpres

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid berharap agar semua instansi negara baik TNI, Polri maupun lembaga intelijen negara bisa saling bersinergi dalam melancarkan Pilkada 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS