BerandaNewsEkobizKemenkeu : Defisit APBN Mei 2024 Capai Rp 21,8 Triliun

Kemenkeu : Defisit APBN Mei 2024 Capai Rp 21,8 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan Anggran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) periode Mei 2024 mengalami defisit sebesar Rp 21,8 triliun atau sekitar 0,1 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa hingga akhir Mei 2024, keseimbangan primer masih terjaga positif, dimana tercatat adanya surplus sebesar Rp 184,2 triliun.

“Total anggaran kita bukukan defisit Rp 21,8 triliun, atau ini 0,1 persen dari PDB,” ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Bendahara negara itu menjelaskan, bahwa hingga Mei 2024 pemerintah lebih banyak membelanjakan uang ketimbang menerima pemasukan, baik itu dari pajak, Bea Cukai, PNBP maupun hibah.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tercatat, belanja pemerintah mencapai Rp 1.145,3 triliun atau mencapai 34,4 persen dari pagu anggaran. Sementara pendapatan negara hanya sebesar Rp 1.123,5 triliun atau mencapai 40,1 persen dari pagu.

Meskipun secara target pendapatan negara dinilai sudah cukup baik, namun mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengakui, terdapat penurunan penerimaan di bulan Mei 2024.

“Meski dari segi presentase target sudah cukup baik, namun bila dilihat dari tahun lalu bulan Mei ada penurunan (penerimaan negara) 7,1 persen yoy (secara tahunan),” terang Sri Mulyani.

Adapun penurunan itu satunya terjadi karena reli panjang kenaikan harga komoditas sumber daya alam yang selama beberapa kuartal mendongrak penerimaan negara telah berakhir.

“Ini tentu sesuatu yang perlu untuk terus kita monitor dan waspadai,” katanya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS