BerandaNewsRagamDPR Anggap Serangan Ransomware ke PDN Bentuk Kebodohan Pemerintah

DPR Anggap Serangan Ransomware ke PDN Bentuk Kebodohan Pemerintah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin atau yang akrab disapa TB Hasanuddin melontarkan kritikan keras kepada pemerintah, imbas kasus serangan ransomware terhadap Pusat Data Nasional.

Hal itu disampaikannya dalam rapat kerja Komisi I bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di gedung DPR RI, Jakarta, pada hari Kamis, 27 Juni 2024.

TB Hasanuddin menilai, kasus serangan Ransomware Brain Cipher yang merupakan versi terbaru dari LockBit 3.0 tersebut merupakan bentuk kebodohan pemerintah yang dinilai lambat membangun pertahanan siber nasional.

“Ini sebetulnya kecelakaan atau kebodohan nasional ya, karena apa? Prihatin. Kita sudah hampir 5 tahun bekerjasama mitra dengan terutama BSSN dan BSSN selalu melaporkan ada serangan, tidak ada tindakan-tindakan yang lebih komprehensif,” kata TB Hasanuddin, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurut dia, DPR sudah berulang kali mendapat laporan dari pemerintah, yang dalam hal ini BSSN dan Kominfo soal adanya serangan siber ke sejumlah layanan atau data pemerintah.

Akan tetapi, kedua lembaga tersebut dinilai hanya sibuk melakukan pelaporan, tanpa diiringi dengan upaya-upaya penyempurnaan sistem pertahanan siber nasional, yang pada puncaknya kecolongan pada kasus PDN ini.

“Menurut laporan pada halaman 26 laporan landscape keamanan siber Indonesia 2023 yang dilansir oleh bapak ke kami itu 1.011.209 insiden, tetapi terus terusan begitu,” ujarnya.

“Apakah kita hanya akan melaporkan insiden itu atau melakukan upaya-upaya agar insiden itu tidak terjadi?” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Selasa 2 Juli

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Selasa 2 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Selasa 2 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 2 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Begini Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini, Selasa 2 Juli 2024

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Polri Gelar Khataman Alquran 78 Kali di HUT Bhayangkara 2024

Divisi Humas Mabes Polri menyelenggarakan kegiatan rohani dengan Khataman Al-Quran sebanyak 78 kali untuk mengisi HUT ke 78 Tahun Polri.

4 Cara Mengumpulkan Semangat untuk Menyambut Hari Sibuk Setelah Weekend

Hari Senin sering kali dianggap sebagai awal minggu yang penuh tantangan setelah akhir pekan yang menyenangkan. Namun, dengan beberapa langkah sederhana.

4 Tips Foundation Tahan Lama Anti Badai!

Foundation merupakan langkah awal dalam merias wajah yang dapat menciptakan dasar yang sempurna untuk makeup.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS