HOLOPIS.COM, JAKARTA – PKS (Partai Keadilan Sejahtera) mengklaim telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak sebelum mengumumkan pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman untuk Pilkada Jakarta.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu kemudian menyebut, salah satu pihak itu yakni Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan telah direspon baik.

“Dengan NasDem kita sudah berkomunikasi, alhamdulillah sambutan Pak Surya Paloh juga memberikan sinyal positif untuk memberikan pencalonan ini,” kata Syaikhu dalam pernyataannya pada Selasa (25/6) seperti dikutip Holopis.com.

Syaikhu kemudian mengakui bahwa target komunikasi mereka ke depan adalah dengan PDIP demi mendukung pasangan yang mereka sebut dengan singkatan AMAN.

“Iya sangat mungkin kalau kita tadi akan mengajak berbagai partai juga yang lain untuk mengusung pasangan ini, secara resmi saya belum,” katanya.

Kendati demikian, Syaikhu kemudian membuka kesempatan penawaran kepada PDIP untuk menggeser posisi Sohibul Iman jika memang mempunyai calon yang bisa diduetkan dengan Anies Baswedan.

“Lihat nanti kalau PDIP juga mencalonkan itu nanti kita komunikasi berikutnya. Iya nanti pembahasan itu kita akan lakukan nanti,” ujarnya

Dia mengatakan komunikasi politik akan dilanjutkan dengan menemui sejumlah parpol lain. Adapun agenda terdekat ialah pertemuan dengan PKB.

“Dan Insya Allah nanti akan kita lanjutkan dengan PKB dan partai-partai yang lain,” ujarnya.

Komunikasi ini pun diakui oleh Syaikhu, harus dilakukan mengingat kemampuan mereka yang belum maksimal untuk bisa mengusung pasangan sendiri di Pilkada Jakarta.

“Saya kira PKS tadi nggak bisa sendirian, karena masih kurang, oleh karena itu kami juga sudah berkomunikasi dengan koalisi kami kemarin,” pungkasnya.