RESEP : Udang Goreng Tepung, Gurih Crispy Bikin Nambah Terus

HOLOPIS.COM, JAKARTAUdang goreng tepung yang dimasak dengan resep yang tepat, adalah hidangan yang sangat populer karena teksturnya yang renyah dan juga gurih. Tak hanya bisa disantap sebagai camilan nikmat dengan cocolan saus sambal, udang goreng tepung ini juga bisa dinikmati dengan nasi hangat.

Dengan menggunakan resep berikut, Sobat Holopis dapat dengan mudah membuat udang goreng tepung yang sempurna di rumah.

Berikut adalah resep udang goreng tepung dan bahan-bahannya

Bahan:

  • 500 gram udang besar, kupas kulit dan bersihkan (dapat menggunakan udang ukuran besar atau sedang)
  • 1 cup tepung terigu serba guna
  • 1/2 cup tepung maizena (tepung jagung)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt garam (sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk (opsional, untuk tambahan aroma)
  • 1 butir telur
  • 1 cup air es (atau secukupnya untuk membuat adonan tepung yang encer)
  • Minyak untuk menggoreng (secukupnya, biasanya cukup dengan 2-3 cup tergantung pada ukuran wajan)

Cara membuat:

  1. Kupas kulit udang dan bersihkan dengan menyisakan ekor. Pastikan udang sudah dikeringkan dengan tisu dapur.
  2. Campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, garam, merica bubuk, dan bawang putih bubuk (jika digunakan) dalam mangkuk besar. Aduk rata.
  3. Pecahkan telur ke dalam mangkuk kecil, kocok dengan garpu, dan tambahkan air es. Aduk rata.
  4. Tuangkan campuran telur dan air ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Campuran harus memiliki konsistensi yang cukup kental tapi tetap bisa mengalir.
  5. Panaskan minyak dalam wajan besar atau panci hingga cukup panas untuk menggoreng (sekitar 170-180°C).
  6. Celupkan udang satu per satu ke dalam adonan tepung, pastikan udang terbalut adonan secara merata.
  7. Goreng udang dalam minyak panas hingga kuning keemasan dan renyah, sekitar 2-3 menit untuk setiap sisi. Pastikan untuk tidak menggoreng terlalu banyak udang sekaligus agar minyak tetap panas dan udang tetap renyah.
  8. Angkat udang goreng dengan menggunakan saringan atau sendok berlubang, lalu letakkan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menyerap kelebihan minyak.
  9. Udang goreng tepung siap disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai hidangan pembuka (appetizer). Nikmati dengan saus favorit Anda seperti saus sambal, saus tartar, atau saus cabai.

Dengan mengikuti resep ini, Sobat Holopis dapat dengan mudah membuat udang goreng tepung yang crispy di rumah untuk dinikmati bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba dan menikmati hidangan yang lezat!

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

RESEP : Bakso Malang, Enaknya Komplit

Bakso Malang merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat populer. Keunikan dari bakso ini terletak pada tekstur baksonya yang kenyal dan ukuran baksonya yang lebih besar dibandingkan dengan bakso biasa.

RESEP : Roti Gulung Abon, Sarapan Enak dan Mengenyangkan

Resep kuliner kali ini ada Roti Gulung Abon, yang tentunya lezat dan nikmat. Cocok juga untuk sobat Holopis yang bingung mau sarapan apa di rumah.

RESEP : Gulai Nangka, Simpel Tapi Enaknya Bikin Mabuk Kepayang

Siapa sih yang tidak suka gulai nangka? Bagi pencinta nasi padang, pasti suka gulai nangka yang kuah kental dan gurihnya semakin menggugah selera.

RESEP : Tumis Sotong Cabe, untuk yang Suka Seafood Pedas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Masakan Indonesia tidak bisa dilepaskan dari masakan pedas. Bagi yang suka dengan seafood, sotong bisa dijadikan menu masakan yang pedas hari...

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Mencuci dan Menyiapkan Sotong yang Benar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Jika dimasak dengan resep yang sesuai, sotong bisa dijadikan masakan yang nikmat dan menggugah selera. Namun, resep yang nikmat tidak akan...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Arteta Tekankan Arsenal Butuh Upgrade!

Arsenal dalam dua musim terakhir ini menjelma jadi tim yang paling dekat dalam perebutan gelar juara, meski pada akhirnya Manchester City yang berhasil merebut supermasi tertinggi tersebut. Manajer Mikel Arteta pun menekankan bahwa The Gunners memang butuh upgrade untuk bisa bersaing kembali dalam perebutan trofi tersebut.