Sabtu, 29 Juni 2024
BerandaHistoryIni Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Peringatan HANI dikatikan, dengan keputusan yang diambil oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 7 Desember 1987 melalui Resolusi 42/211.

Tema HANI 2024, yakni “Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”.

Tema tersebut diusung, dengan harapan agar semua lapisan masyarakat bisa bergerak menunjukkan aksi nyata sebagai upaya untuk mencegah dan memberantas narkoba untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba.

Penerbit Iklan Google Adsense

Peringatan HANI diharapkan dapat menggerakkan dan mendorong semua lapisan masyarakat sekaligus membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang masih menjadi ancaman kehidupan manusia secara global.

Selain itum peringatan HANI juga menjadi momentum kampanye secara masif Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di seluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Tanpa Narkoba.

Pemberantasan Narkoba Tahun 1839

Dalam sejarahnya, pengungkapan perdagangan opium terjadi pada 26 Juni 1839 di Humen, Guangdong, China. Opium sendiri merupakan obat narkotika yang sangat adiktif yang diperoleh dari lateks kering dari polong biji opium poppy ( Papaver somniferum ).

Pengungkapan tersebut dilakukan oleh seorang Lin Zexum seorang pejabat pada masa Dinasti Qing yang dikenal tegas dalam perdagangan opium oleh bangsa asing.

Setelah berhasil mengungkap perdagangan itu, ia pun langsung membuang opium yang berhasil diamankan dengan cara dibuang ke laut.

Aksi pemberantasan opium oleh Lin Xezu ini disusul dengan kebijakan larangan perdagangan opium oleh kekaisaran China.

Temukan kami juga di Google News

No editors found.

BERITA LAINNYA

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.

HUT Kota Jakarta ke-497 : Ini Tema hingga Rangkaian Acaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya dan kali ini merupakan HUT ke-497. Seperti dikutip Holopis.com...

Hari Yoga Internasional Sadarkan Masyarakat Lakukan Aktivitas Sehat

Hari Yoga Internasional diperingati setiap tanggal 21 Juni, sebagai ajakan untuk untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia tentang banyak manfaat berlatih yoga.

Kalian Suka Pakai Parfum? Tahu Gak Asal Muasalnya Gimana? Simak Sejarahnya!

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemakaian parfum nampaknya sudah jadi salah satu kebutuhan bagi sebagian besar orang di dunia. Bahkan, pemakaian parfum tersebut kerap juga dikaitkan dengan...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS