BerandaNewsEkobizSepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

Sepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/6), setelah sempat rebound pada perdagangan Senin (24/6) kemarin.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih menyampaikan, bahwa IHSG di pekan terakhir Semester I-2024 ini cenderung sepi sentimen dari dalam negeri.

Dia pun menyinggung perihal data ekonomi yang dirilis beberapa waktu lalu, salah satunya data perihal tingkat suku bunga Bank Indonesia atau BI-Rate, dimana data tersebut menjadi sentimen positif bagi daya beli masyarakat di sektor riil.

Namun di sisi lain, keputusan Bank Sentral Indonesia yang mempertahankan suku bunganya menjadi sentimen negatif bagi instrumen portofolio, yang memicu outflow di pasar obligasi dan saham.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Di sisi lain, ketidakpastian dari sisi fiskal telah dikonfirmasi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahwa defisit APBN di tahun 2024 tetap dibawah 3%. Target defisit APBN yang sama juga menjadi tolok ukur bagi pemerintahan yang baru,” ujarnya dalam rilis, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (25/6).

“Sementara, postur fiskal pada RAPBN 2025 telah disepakati oleh Pemerintah dan DPR. Nantinya, RAPBN tersebut akan disahkan pada sidang paripurna DPR di awal Juli mendatang,” tambahnya.

Dari Asia, S&P Global pada di awal pekan ini memproyeksikan pertumbuhan ekonomi India di tahun fiskal 2024 sebesar 6,8 persen. Sementara, untuk tahun 2026 dan 2027 ekonomi India akan berada di level 6,9 dan 7 persen. Optimisme tersebut seiring dengan proyeksi turunnya suku bunga Reserve Bank of India (RBI) dari posisi saat ini yang sebesar 6,5 persen.

“Di sisi lain, inflasi tahunan Singapura pada Mei 2024 naik ke level 3,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen. Akselerasi inflasi senda dengan naiknya harga makanan, transportasi, serta sektor rekreasi dan budaya,” tuturnya.

Adapun pada hari ini, Ajaib Sekuritas merekomendasi sejumlah saham yang patut diperhatikan pada hari ini, diantaranya yakni MDKA, ENRG, dan ACES.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...

Indonesia Lepas Ekspor Kopi ke USA

Sebanyak 10 kontainer kopi siap ekspor dilepas ke Amerika Serikat (AS). Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

BPS Ungkap Pemicu Deflasi Dua Kali Beruntun

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekonomi Indonesia pada Juni 2024 kembali mengalami deflasi, dengan besaran 0,08 persen.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS