BerandaNewsPolhukamPemuda Muhammadiyah Anggap Rakyat Puas Kinerja TNI Polri Sukseskan Pemilu 2024

Pemuda Muhammadiyah Anggap Rakyat Puas Kinerja TNI Polri Sukseskan Pemilu 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmad Tawalla menilai, bahwa citra positif TNI dan Polri yang menempati posisi teratas dalam survei yang digelar Litbang Kompas, adalah bagian dari cerminan berbagai aspek kesuksesan, salah satunya menurutnya adalah karena kedua lembaga tersebut sukses mengawal Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

“Pertama, meningkatnya kepercayaan publik terhadap lembaga negara TNI dan Polri merupakan faktor keberhasilan kedua lembaga ini dalam mengawal proses pemilihan umum serentak Februari 2024 lalu, menjaga pemilu damai dan aman. Selain itu juga peran aktif Indonesia dalam membangun perdamaian dunia, seperti melakukan dukungan dan bantuan ke Palestina,” kata Dzulfikar dalam keterangan persnya yang diterima Holopis.com, Sabtu (22/6).

Pria yang karib disapa Fikar tersebut pun mengatakan, bahwa TNI menempati posisi pertama dengan tingkat kepercayaan mencapai 89,4 persen ini menandakan keberhasilan Kementerian Pertahanan di bawah kepemimpinan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sebab, kata dia, urusan strategi dan kebijakan TNI berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan.

“Ketiga, Polri menempati posisi kedua dengan tingkat kepercayaan mencapai 73,1 persen, ini tentu ke depannya sangat menguntungkan Presiden terpilih Prabowo Subianto. Karena pelaksanaan tugas yang dipimpin oleh Kapolri bertanggung jawab kepada Presiden,” ujarnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Selain itu, Fikar ingin citra positif kedua lembaga tersebut tetap dijaga. Apresiasi publik terhadap TNI dan Polri bisa menjadi bekal untuk pemerintah baru.

“Keempat, citra kedua lembaga ini dimata publik harus terus dijaga dan ditingkatkan, hal ini dapat menjadi legacy dari pemerintahan Presiden Jokowi walau berlatar belakang sipil tetapi justru mampu mengoptimalkan peran-peran strategis TNI dan Polri dalam menjaga pertahanan keamanan dan juga hadir mengayomi masyarakat,” tutur Fikar.

Litbang Kompas sebelumnya merilis survei terkait citra lembaga negara. Hasilnya, sejumlah lembaga negara menunjukkan tren kenaikan citra positif.

Survei itu dilakukan pada 27 Mei-2 Juni 2024 melalui wawancara tatap muka kepada 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi. Tingkat kepercayaan metode tersebut 95% dan margin of error plus minus 2,83%.

Berikut hasil lengkap Survei Citra Lembaga Negara versi Litbang Kompas:

TNI
Baik 89,4%
Tidak tahu 7,3%
Buruk 2,9%

Polri
Baik 73,1%
Tidak tahu 4,4%
Buruk 22,5%

DPD
Baik 68,6%
Tidak tahu 15,7%
Buruk 15,7%

Kejaksaan Agung
Baik 68,1%
Tidak tahu 20%
Buruk 11,9%

Mahkamah Agung
Baik 64,8%
Tidak tahu 18,7%
Buruk 16,5%

DPR
Baik 62,6%
Tidak tahu 8,9%
Buruk 28,5%

Mahkamah Konstitusi
Baik 61,4%
Tidak tahu 19,3%
Buruk 19,3%

KPK
Baik 56,1%
Tidak tahu 10,5%
Buruk 33,4%

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Mahfud MD Harap Rektor Transparan soal Pemberhentian Dekan FK Unair

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Mahfud MD memberikan respons atas diberhentikannya Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof. Budi Santoso oleh Rektor Unair Rektor Unair Prof. Nasih.

Pemerintah Beri Perhatian Khusus soal Kasus Kekerasan di Pesantren

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan dan mengutuk keras terjadinya kasus kekerasan di lingkup pondok pesantren hingga menyebabkan hilangnya nyawa santriwati di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Kementerian PPPA Bakal Ajak Ngobrol Organisasi Perempuan soal UU KIA

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyambut baik disahkannya Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2024 Tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan.

Hasyim Ashari Dipecat Karena Kasus Asusila, Kaesang : Itu yang Terbaik

Ketua Umum PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Kaesang Pangarep) ikut menanggapi perihal putusan DKPP terhadap Ketua KPU Hasyim Ashari.

Ini Alasan Polda Metro Belum Tahan Firli Bahuri di Kasus Pemerasan SYL

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto berkelit bahwa pihaknya lamban dalam penyelesaian perkara mantan Ketua KPK Firli Bahuri.

Apresiasi Tinggi untuk Densus 88 di Balik Pertobatan JI

Khoirul Anam mengapresiasi Densus 88 Anti Teror Mabes Polri yang dinilainya berhasil mengukir sejarah baru dengan menyadarkan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) untuk membubarkan diri dan kembali ke pangkuan NKRI.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS