BerandaNewsEkobizBasuki Was-was Proyek IKN Terganggu Gegara Rupiah Jeblok

Basuki Was-was Proyek IKN Terganggu Gegara Rupiah Jeblok

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono merespon terkait pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). 

Pria yang juga menjabat Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) itu memandang, pelemahan nilai tukar mata uang Garuda tersebut bisa berdampak buruk pada pembangunan infrastruktur, termasuk IKN. 

Sebab karena nilai tukar rupiah yang melemah, biaya konstruksi bisa saja membengkak, mengingat sejumlah material saat ini masih mengandalkan produk impor dari luar negeri. 

“Sebetulnya kalau akan berdampak (pelemahan Rupiah) tidak hanya di IKN, di tempat lain pun pasti akan berdampak,” kata Basuki dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (22/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia pun mengaku khawatir, jika nantinya nilai kontrak proyek yang diteken antara pemerintah dengan penyedia jasa konstruksi tidak mampu mengantisipasi pelemahan rupiah yang lebih dalam.

Maka menurutnya, ketika situasi pelemahan rupiah semakin dalam, maka kinerja fiskal pun akan semakin berat untuk menutup pembengkakan biaya tersebut, atau kerap disebut eskalasi nilai proyek.

Namun ia memastikan, pemerintah bakal segera menggelar sidang kabinet untuk merespons pelemahan nilai tukar rupiah tersebut dalam rapat kabinet 

“Kalau sudah keputusan nasional bisa eskalasi,” kata Menteri Basuki.

“Nah hari Senin nanti baru sidang kabinet Paripurna buat membahas itu (pelemahan nilai tukar rupiah),” tambahnya.

Sekadar informasi, nilai tukar rupiah ditutup melemah 65 poin atau 0,40 persen ke level Rp16.430 pada perdagangan Kamis (20/6), usai Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan di level 6,25 persen.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS