BerandaNewsPolhukamKPK Dalami Keberadaan Harun Masiku, Kusnadi Staf Hasto PDIP Akui Pernah Bertemu

KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku, Kusnadi Staf Hasto PDIP Akui Pernah Bertemu

"Secara detail kami belum bisa memberi informasi karena masih berproses. Kita tunggu saja prosesnya," ujar Tessa.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) saat ini tengah mendalami sejumlah hal terkait dengan keberadaan buronan kasus suap bekas komisioner KPU, Wahyu Setiawan, yakni Harun Masiku.

Hal ini dilakukan saat tim penyidik melakukan pemeriksaan terhadap staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi. Pemeriksaan tersebut dilakukan pada hari Rabu (19/6) kemarin. 

Kusnadi diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap yang menjerat tersangka Harun Masiku. Namun, jubir KPK Tessa Mahardika Sugiarto enggan untuk memerinci lebih lanjut terkait dengan hasil pemeriksaan dan pendalaman tentang keberadaan Harun Masiku yang selama ini masih menjadi DPO (daftar pencarian orang).

“Pemeriksaan yang bersangkutan terkait perkara yang ditangani, yaitu tersangka HM (Harun Masiku) maupun hal-hal terkait keberadaan HM itu sendiri, kurang lebih seperti,” ucap Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, seperti dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

Tessa juga enggan mengungkap pihak yang diduga membantu pelarian Harun Masiku. Ia menegaskan bahwa tim penyidik masih berusaha keras untuk menemukan keberadaan pasti anak buah Hasto Kristiyanto itu.

“Secara detail kami belum bisa memberi informasi karena masih berproses. Kita tunggu saja prosesnya,” ujar Tessa.

Kusnadi Pernah Ketemu Harun Masiku

Terpisah, Kusnadi mengaku pernah bertemu atau melihat mantan Harun Masiku. Kusnadi mengungkapkan hal itu usai diperiksa tim penyidik Rabu malam.  

“Ya pernah,” ungkap Kusnadi. 

Namun demikian, Kusnadi tak menjelaskan lebih jauh mengenai momen pertemuan atau saat dirinya melihat Harun. Bahkan ia membantah jika dalam pemeriksaan ini, didalami penyidik soal keberadaan Harun.

“Oh nggak (terkait keberadaan Harun Masiku -red),” singkat Kusnadi. 

Kusnadi mengklaim pemeriksaan dirinya terkait alat komunikasi atau Handphone yang sebelumnya disita KPK. Namun, Kusnadi mengklaim tak didalami soal alat komunikasi dua pelajar atau mahasiswa bernama Melita De Grave dan Hugo Ganda. 

“Ngga ada,” singkat Kusnadi. 

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Harun Masiku jadi buronan setelah ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap terhadap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan untuk menjabat sebagai anggota DPR lewat pergantian antar waktu (PAW). Selain Harun dan Wahyu, KPK juga menjerat mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina dan kader PDIP Saeful Bahri. 

Adapun Wahyu, Saeful, dan Agustiani telah divonis dan dinyatakan bersalah. Sementara, Harun masih berstatus buronan setelah lolos dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Januari 2020 lalu.

Dalam melacak keberadaan Harun Masiku, KPK kembali memeriksa sejumlah saksi. Teranyar, penyidik KPK sudah memeriksa empat saksi untuk mencari keberadaannya setelah mengantongi informasi baru. 

Salah satunya adalah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 

Sebelum Hasto, penyidik lebih dahulu memeriksa pengacara bernama Simeon Petrus, serta dua pelajar atau mahasiswa bernama Melita De Grave dan Hugo Ganda. 

Selain keberadaan, KPK mengendus adanya upaya menghalangi pencarian Harun Masiku yang buron sejak awal 2020 lalu itu. Dugaan menghalangi pencarian itu juga sedang dalami tim penyidik KPK. 

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Hari Bhayangkara, Ribuan Personel Polda Metro Jaya Naik Pangkat

Polda Metro Jaya menggelar Upacara Kenaikan Pangkat Periode 1 Juli 2024 bagi seluruh Pamen, Pama, Bintara dan Tamtama Satker Polda Metro Jaya di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (1/7). 

Pesan Jokowi HUT 78 Polri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun yang ke 78 untuk Korps Bhayangkara. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi di postingan Instagram pribadinya.

Hasto Kristiyanto Siap Hadiri Panggilan KPK Lagi

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan siap untuk memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lagi terkait penyelidikan kasus suap yang melibatkan tersangka buron Harun Masiku.

Hasto Kristiyanto Ngambek Diceramahi Biar Fokus Kasus Harun Masiku

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tidak bisa banyak berkata-kata menanggapi sindiran dari PSI agar dirinya fokus kepada penanganan kasus Harun Masiku.

HUT ke-78 Bhayangkara, Panglima TNI Titip Pesan Ini ke Polri

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara kepada Polri.

Bamsoet Harap Polri Jadi Penegak Hukum yang Adil

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau yang akrab disapa Bamsoet menyampaikan ucapan selamat kepada Polri yang kini tengah merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS