HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia berhasil memastikan langkahnya untuk bisa bermain di Piala Asia 2027, pencapaian itu didapat selepas mampu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan mengalahkan Filipina di laga pamungkas Grup F.

Seperti yang telah diketahui bersama sebelumnya, bahwa Timnas Indonesia menjamu Filipina pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada Selasa (11/6) malam WIB.

Dalam pertandingannya, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0 tanpa balas. Dua gol kemenangan itu dicetak masing-masingnya oleh Thom Haye di menit 32 melalui tembakan terukurnya dari luar kotak penalti, serta satu gol lain dicetak Rizky Ridho di menit 56 melalui sundulannya usai memanfaatkan tendangan bebas Ragnar Oratmangoen.

Tiga poin sempurna itu membuat Indonesia mengamankan satu tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dengan predikat runner-up Grup F menemani Irak yang sudah lebih dulu lolos sebagai juara grup.

Timnas Indonesia menempati posisi dua klasemen akhir dengan 10 poin, tertinggal delapan poin dari Irak di peringkat pertama, dan unggul empat poin atas Vietnam di posisi tiga, dan ada pun Filipina di peringkat terbawah.

Menariknya, selain lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia juga berhak mengamankan satu tiket ke Piala Asia 2027 mendatang.

Pencapaian itu tentu sesuai dengan regulasi yang ada, mengingat Kualifikasi Piala Dunia 2024 jadi bagian untuk melangkah ke Piala Asia 2027.

Ada pun sebanyak 18 tim yang notabene merupakan juara dan runner-up dari masing-masing grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, juga otomatis ke Piala Asia 2027 mendatang.

Sementara masih ada sebanyak enam tiket untuk bisa melangkah ke Piala Asia 2027, dan akan diperebutkan oleh 24 negara sekaligus yang gagal lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

24 negara tersebut kemudian akan terbagi ke enam grup, dengan hanya juara grup lah yang akan otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Sebagai informasi tambahan, Piala Asia 2027 nanti akan berlangsung di Arab Saudi. Bagi Indonesia, ini jadi yang kedua kalinya secara beruntun, selepas pada edisi 2023 lalu juga mampu berlaga di kompetisi tersebut.

Pada Piala Asia 2023 lalu, Timnas Indonesia berhasil melangkah sampai ke fase gugur, sebelum akhirnya dikalahkan Australia dengan skor 4-0 tanpa balas di babak 16 besar.