BerandaNewsEkobizIHSG Merah Merona, 277 Saham Merosot

IHSG Merah Merona, 277 Saham Merosot

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat dibuka naik pada awal perdagangan hari ini Rabu 12 Juni 2024. Namun indeks acuan bursa saham itu merosot setelah beberapa menit perdagangan. 

Berdasarkan data perdagangan yang dihimpun Holopis.com, IHSG dibuka naik 0,12 persen ke posisi 6.863,99. Namun pada pukul 09.32 WIB, IHSG merosot ke level 6.834,54.

Pergerakan IHSG itu pun diikuti oleh saham-saham hari ini, dimana pergerakannya didominasi oleh tren penurunan. Tercatat sebanyak 277 saham turun, 141 naik, dan 157 tidak bergerak.

Adapun di awal perdagangan ini, nilai transaksi indeks pada sudah mencapai sekitar Rp 1,2 triliun dengan volume transaksi mencapai 3,6 miliar lembar saham, dan frekuensi transksaksi sebanyak 143.071 kali. 

Penerbit Iklan Google Adsense

Pada hari ini, IHSG masih berpotensi untuk bergerak sideways alias mendatar, dan cenderung menurun pada perdagangan hari ini Rabu 12 Juni 2024, setelah mengalami pelemahan pada perdagangan kemarin Selasa 11 Juni 2024. 

Sebagai informasi, bahwa indeks acuan perdagangan saham Indonesia itu ditutup melemah pada perdagangan kemarin. Dengan pelemahan sebesar 0,95 persen, membawa IHSG berada di level 6.855,691.

Pada hari ini pun dari hasil analisis teknikal yang dilakukan Phintraco Sekuritas, IHSG berpeluang untuk melanjutkan pelemahan yang terjadi kemarin.    

“Secara teknikal, indikator MACD bergerak sideways, begitu pula dengan Stochastic RSI, yang mengindikasikan bahwa IHSG berpotensi untuk uji support pada level 6,800,” tulis Phintraco Sekuritas, Rabu (12/6).

Menurut Phintraco, terdapat beberapa alasan terkait pelemahan lanjutan itu, salah satunya yakni karena pasar masih wait and see terhadap rilis data FOMC yang akan datang. 

“Ini mempengaruhi sentimen investor dan pelaku pasar,” tambah Phintraco.

Kemudian dari dalam negeri, data penjualan ritel domestik bulan April menunjukkan penurunan signifikan ke level -2.70 persen, dari bulan sebelumnya yang berada di level 9.30% persen.

“Hal ini mengindikasikan normalisasi daya beli setelah lonjakan konsumsi selama periode Lebaran yang biasanya diikuti dengan lonjakan konsumsi,” tulis Phintaco menjelaskan. 

Sementara itu, data penjualan mobil mengalami perbaikan

secara terbatas dari -17.50 persen di bulan April menjadi -13.30 persen di bulan Mei 2024.

Adapun pada perdagangan hari ini, Phintraco melihat adanya rebound lanjutan untuk saham emiten ESSA dan MBMA. Serta peluang rebound untuk ANTM, INCO, dan ADMR.

Saham
Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS