BerandaNewsEkobizBahlil Ungkap Investasi Starlink di Indonesia, Nilainya Bikin Kaget!

Bahlil Ungkap Investasi Starlink di Indonesia, Nilainya Bikin Kaget!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengungkap data yang dimilikinya perihal investasi Starlink di Indonesia, dimana nilainya tercatat sebesar Rp 30 miliar.

Hal itu sebagaimana disampaikan Bahlil dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, pada Selasa 11 Juni 2024.

Dari data yang ada dalam sistem registrasi Online Single Submission (OSS), jumlah tenaga kerja yang didaftarkan oleh anak perusahaan milik CEO SpaceX, Elon Musk itu hanya sebanyak 3 orang saja.

“Saya jujur ini investasinya (Starlink) Rp 30 miliar. Menurut data OSS, tenaga kerjanya hanya 3 orang yang terdaftar,” kata Bahlil dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (11/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Bahlil mengaku, bahwa dirinya tidak terlibat langsung dalam proses pembahasan investasi perusahaan penyedia internet berbasis satelit tersebut di Indonesia.

Sebab, terangnya, izin investasi dapat keluar melalui OSS, tanpa bertemu langsung dengan menteri, yang dalam hal ini adalah dirinya, selama investor telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku.

“Kalo kami ini hanya bagian pendaftaran untuk NIB-nya saja terus kemudian izin dasar aja dan itu keluar tanpa harus ketemu tim lewat OSS udah bisa, selama udah ada notifikasi dari kementerian teknis itu sudah jalan,” jelasnya.

Lebih lanjut, mengaku tak bisa memberikan penjelasan tambahan, selain data OSS yang dimilikinya. Sebab, ia takut penjelasannya justru malah menciptakan multi interpretasi menyangkut isu Starlink ini.

“Tetapi, karena ini adalah investasi, juga merupakan bagian tanggung jawab kami untuk menjelaskan kepada Bapak Ibu yang mulia pada hari ini,” ujarnya.

Bahlil pun menegaskan, bahwa pihaknya tetap akan memproses investasi Starlink yang masuk, selagi investasi tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku di Indonesia.

“Prinsipnya adalah, selama tidak menyalahi aturan, dan itu dibuka sesuai dengan aturan, maka kami akan melakukan proses,” tegasnya.

“Tapi kalau ditanya kenapa dan bagaimana, itu posisi kami, karena jujur kami tidak pernah membahas hal ini secara teknis. Jadi kami tidak tahu,” sambungnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.

Harga Emas Antam Naik Lagi, Cek Rincian Harganya

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Dibuka Perkasa di Zona Hijau, Kuat Sampai Akhir?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 27,83 poin atau 0,39 persen ke posisi 7.248,72 pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/7).

Jelang Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Ramai-ramai Naik

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan menjelang akhir pekan, yakni pada hari Jumat 5 Juli 2024.

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS